Strategi Public Relations SKK Migas dalam Melaksanakan Program Road to One Million Barrel Oil Per Day

Suhendra Atmaja, Engkus Kuswarno, Charles Meikyansah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan model perencanaan dan strategi komunikasi PR dalam mengimplementasikan program "Road to One Million Barrel Oil Per Day (BOPD)". Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model perencanaan strategi hubungan masyarakat Cutlip and Center yang dimulai dengan tergantung pada masalah hubungan masyarakat, kemudian, perencanaan dan pemrograman, dan mengambil tindakan dan komunikasi, serta mengevaluasi program. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Selanjutnya, tetapkan pedoman secara sistematis. wawancara dan catatan lapangan, lalu proses data. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dan diinterpretasikan. Data diproses menggunakan model Miles dan Huberman melalui tiga langkah: pertama mengurangi data, kedua menyajikan data, ketiga verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, model perencanaan strategi komunikasi Public Relations dapat membentuk citra perusahaan dalam implementasi program BOPD Road to one Million dan dapat mendukung penelitian ini.

Full Text:

PDF

References


Adeniji, A. A,. Osibanjo, A.O., Abiodun, Abolaji, J and Oni-Ojo, E. E. (2015). Corporate Image: A Strategy for Enhancing Customer Loyalty and Profitability. Journal of South African Business Research.

Purba. B., Eddy I & Suardi B.P. (2019). Model Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kecamatan Padang Tualang dalam Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Warta. Vol. 61.

Cutlip, Center & Broom. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Media Group

Ferguson, D.P., APR, J. D. Wallace & Robert C.C. (2012). Rehabilitating Your Organizations Image: Public Relations Professionals Perceptions of the Effectiveness and Ethicality of Image Repair Strategies in Crisis Situations. Jurnal Public Relations. Vol. 6(1).

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations, Jakarta: Erlangga.

Kholisoh, N, Yenita, (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 13(3).

Kholisoh, Putri, R.P. (2018). Strategi Komunikasi untuk Meraih the Best Brach Service of Excellent pada Bank Mandiri Jakarta Cikini. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol.1(2): 41-56.

K. Yin, Robert. (2002). Studi Kasus (Desain&Metode). Jakarta: Kencana

Mulyana, Deddy. (2011). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung; PT.Remaja Rosdakarya.

Oliver, Sandra, (2010). Public Relations Strategy, London: Kogan Page

Ruliana, Poppy, Ririh Dwiantari, (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal Komunikasi ASPIKOM, Vol. 2(4): 255-271.

Ruliana. Poppy. 2014. Komunikasi Organisasi, Teori dan Studi Kasus. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Ruliana. Poppy. 2016. Komunikasi Organisasi, Teori dan Studi Kasus, Edisi Kedua, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Ruliana, Poppy, Puji Lestari, (2019). Teori Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantiatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Woodruffe, H. (1995). Services Marketing. London: Pitman Publishing.




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v2i2.1028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :