Strategi Social Media Specialist dalam Meningkatkan Brand Identity Melalui Instagram @alancreativeid
Abstract
Studi ini bertujuan pada Strategi Social Media Specialist dalam Meningkatkan Brand Identity melalui Instagram Alan Creative. Media sosial berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi real-time yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Instagram merupakan platform media sosial dengan pengguna yang cukup banyak pada anak muda. Alan Creative menggunakan Instagram untuk memberikan konten yang berguna untuk mengedukasi audiens melalui @alancreativeid. Konten yang diproduksi tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga tetap konsisten mencerminkan brand identity perusahaan. Studi ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Social Media Specialist mengelola konten Instagram Alan Creative untuk memperkuat Brand Identity dan menjelaskan Kendala dan Tantangan yang dihadapi Social Media Specialist dalam meningkatkan brand identity melalui Instagram. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Alan Creative dalam meningkatkan brand identity melalui Instagram @alancreativeid diwujudkan melalui konsistensi produksi konten, pemanfaatan fitur-fitur Instagram.Tantangan eksternal berupa cepatnya perubahan tren media sosial dan ekspektasi audiens yang kritis, serta tantangan internal dalam menjaga konsistensi brand identity di tengah tren, berhasil diatasi melalui brainstorming tim dan evaluasi konten yang terjadwal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D.A. (1996) Measuring Brand Equity across Products and Markets. California Management Review, 38, 102-120. http://dx.doi.org/10.2307/41165845.
Ahda, M.H., Hajar, S. 2024. Strategi Sosial Media Officer PT. Garuda Cyber Indonesia dalam Meningkatkan Kesadaran Merek Melalui Platform Digital. Indonesian Research Journal on Education.
Ainun, N., Maming, R., Wahida, A. 2023. Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm. Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah.
Amira, N., Nurhayati, I.K. 2019. Efektivitas Fitur Instagram Sponsored sebagai Media Iklan/Promosi (Studi pada Iklan Tiket.com dengan Metode EPIC Model). Journal Of Media and Communication.
Anggito, A., & Setiawa, J. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Arum, D.P., Laraswari, A.N., Wiyanti, A.R., Ainaya, C.D., Khoiriyah, D., Yuanita, F.D., Sari, J.P. 2023. Pemberdayaan Usaha Mikro Melalui Identitas Merek Dan Strategi Digital Marketing Pada UMKM Nasi Bakar Di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI).
Ayutiani, D.N., Putri, B.P.S. 2018. Penggunaan Akun Instagram sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. PRofesi Humas. 3(1). 39-59
Chaffey, D., & Smith, P. R. 2022. Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing. Routledge.
Christianto. 2019. Perancangan Brand Identity untuk Jasa Toys & Diorama "HITOMEG". Universitas Ciputra.
Feroza, C.S., Misnawati, D. 2021. PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN. JURNAL INOVASI.
Hartini, H. I., AR, H. F., & Charlina. 2017. Kesantunan berbahasa dalam komentar caption instagram. Indonesian language and literature education, C, 1–14.
Heriani, F.N. 2019. Peran Medsos dalam Keterbukaan Informasi di Kementerian dan Lembaga. (Peran Medsos dalam Keterbukaan Informasi di Kementerian dan Lembaga)
Istiqomah, D. S., & Nugraha, V. (2018). Analisis penggunaan bahasa prokem pada media sosial. Jurnal Parole, 5(1), 665–674.0
Jessica, C. 2025. Social Media Specialist: Arti, Tanggung Jawab, Skill, dan Prospeknya. (Social Media Specialist: Apa Itu, Tanggung Jawab, Skill, & Prospek)
Kalsumi, N. 2022. Peran Social Media Specialist dalm Branding Program di Mentari TV.
Listya, A. 2018. Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo. Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Media.
Mendayun, I., Sjuchro, W. 2018. Efek komunikasi massa program Citizen Report di radio PRFM Bandung. Kajian Jurnalisme, 02, 98–114.
Muallif. 2024. Strategi: Pengertian, Fungsi, dan Implementasi dalam Berbagai Bidang. (Strategi: Pengertian, Fungsi, dan Implementasi dalam Berbagai Bidang – Universitas Islam An Nur Lampung)
Mubarok, S., Kurniawan, H. , Wulandari, D. P., Yayat, S. 2022. SOSIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, 4(2), 11–17. https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/Telangke
Nasrullah, R. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Noventa, C., Soraya, I., Muntazah, A. 2023. Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddyKu Sebagai Sarana Informasi Terkini. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS).
Permana, S.R., Puspitasari, L., Indriani S.S. 2018. Strategi promosi pada tahapan pra-produksi film ‘Haji Asrama’ (HAS). ProTVF, 2(2) 145-156. http://dx.doi.org/10.24198/ ptvf.v2i2.20818.
Rachman, A., Yochanan, E., Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. 2024. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d.
Ray, I., Islam, M.A. 2022. PERANCANGAN BRAND IDENTITY DAN MEDIA SOSIAL TRIVERSA SEBAGAI SARANA UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal Barik.
Riyanto, G.P., Pertiwi, W.K. 2025. Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2025 Tembus 229,4 Juta. Riset Pengguna Internet Indonesia 2025. Survei APJII: Pengguna Internet Indonesia 2025 Tembus 229 Juta Jiwa
Tanady, E. S., & Fuad, M. 2020. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Kwik Kian Gie School of Businnes.
Sulaeman. 2020. Survei: 70 Persen UMKM Berencana Jualan di Media Sosial. Liputan 6 : https://m.liputan6.com/bisnis/read/429460 2/survei-70-persen-umkm-berencana-jualan-di-media-sosial.
Sugiyono 2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Sutiyono, M.B. 2022. PERAN SOCIAL MEDIA SPECIALIST DALAM PENGEMBANGAN KONTEN INSTAGRAM DI PT. GRAHA HARAPAN AUTO PART.
Yusliwidaka, A., Rihardi, S. A., & Pembayun, J. G. 2021. Upaya Preventif Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Siswa SMA Negeri Di Kota Magelang. Indonesian Journal Of Community Service, 1(1), 38-47.
Zellatifanny, C.M., Mudjiyanto, B. TIPE PENELITIAN DESKRIPSI DALAM ILMU KOMUNIKASI (2018). Diakom Jurnal Media dan Komunikasi
DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v7i3.6035
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
Petanda: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: petanda@jrl.moestopo.ac.id





.jpg)


