Komunikasi Terapeutik Bidan Desa dalam Penanganan Pasien Ibu Hamil

Wiwin Setianingsih

Abstract


Komunikasi merupakan fondasi penting bagi tenaga kesehatan seperti bidan selain ilmu kesehatan itu sendiri. Sementara itu kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia sebab semua manusia menginginkan hidup sehat agar bisa menjalani aktivitas kehidupannya secara maksimal. Studi ini mengenai komunikasi terapeutik bidan desa dalam menangani pasien ibu hamil. Fenomena ini diteliti dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) proses komunikasi terapeutik bidan desa dalam menghadapi penanganan pasien ibu hamil, dan (2) bagaimana metode komunikasi terapeutik itu digunakan dalam menghadapi pasien ibu hamil. Hasil penelitian meliputi fase pra interaksi; fase orientasi; fase kerja komunikasi terapeutik; dan fase terminasi. Metode komunikasi terapeutik yang berlangsung mengutamakan efektivitas hubungan antarpribadi seperti mendengarkan dengan penuh perhatian, menanyakan keadaan pasien, mengklarifikasi, menawarkan informasi, meringkas, memberikan penghargaan kepada pasien, memberi kesempatan kepada pasien untuk memulai pembicaraan, dan menganjurkan pasien meneruskan pembicaraannya. Mereka juga melakukan komunikasi nonverbal.


Full Text:

PDF

References


Abdul Muhith, S. S. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. Yogyakarta: ANDI.

Brent D Ruben, L. P. (2013). Komunikasi dan Peilaku Manusia. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Dedi Rumawan Erlandia, I. G. (2014). Evaluasi Model Komunikasi Bidan Desa Sebagai Ujung Tombak Upaya Penurunan Angka Kematian Ibu Bersalin Di Kabupaten Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Jurnal Kajian Komunikasi Vol 2, No. 2 , 197.

Devito, J. A. (1997). Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book.

Dewi, R. (2015). Komunikasi Terapeutik Konselor Laktasi Terhadap Klien Relaktasi. Jurnal Kajian Komunikasi, Vol. 3, No. 2 , 199.

Ganiem, L. (2018). Komunikasi Kedokteran. Depok: Prenadamedia Group.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2005). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Prasanti, D. (2017). Komunikasi Terapeutik Tenaga Medis Tentang Obat Tradisional bagi Masyarakat. Media Tor, Vol 10, No. 1 , 57.

Rachmaniar. (2015). Komunikasi Terapeutik Orang Tua Dengan Anak Fobia Spesifik. Jurnal Kajian Komunikasi Vol 3, No. 2, , 96.

Ratnasari, A. (2008). Komunikasi Kesehatan : Penyebaran Informasi Gaya Hidup Sehat. MEDIATOR Vol. 9, No. 1 , 5.

Rohim, S. (2016). Tori Komunikasi Perspektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: RINEKA CIPTA.

Sudarma, M. (2008). Sosioligi untuk Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Supartini, Y. (2002). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v1i1.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :