Analisis Naratif Perempuan sebagai Karakter Utama pada Iklan Produk Laki-laki

Muhamad Choirul Umam, R S Kusuma

Abstract


Penggambaran gender dalam media khususnya periklanan kini mulai bergeser. Perempuan kini dapat dijumpai dalam iklan yang ditujukan untuk laki-laki bukan hanya sebagai pelengkap, namun telah menjadi karakter utama yang berbicara mengenai produk. Iklan tersebut adalah Kuku Bima Ener-G Cat Woman (2007), Extra Joss Blend (2016), Axe Heaven on Earth (2012), Yamaha YZF-R15 (2014), Nippon Paint Kisah Mudik Mas Kulin (2017), dan Papan Silika Aplus (2018). Penelitian ini melihat bagaimana iklan produk laki-laki dinarasikan oleh perempuan dengan pendekatan naratif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan produk laki-laki dinarasikan perempuan sebagai narator utama dan perempuan yang ditampilkan memiliki variasi dari penampilan fisik maupun pekerjaan.


Full Text:

PDF

References


Andini, R.A.W. (2017). 6 DJ Asal Indonesia yang Kualitas Musiknya Diakui Dunia. Diakses 10 Maret 2019, dari https://www.idntimes.com/hype/entertainment/ratu-10/dj-asal-indonesia-kelas-dunia-c1c2/full

Baird, Alice., dkk. (2017). Perception of Paralinguistic Traits in Synthesized Voices. Dalam Prosiding AM 17, London. https://doi.org/10.1145/3123514.3123528

Barrios, Y., & DiDona, T. (2013). Gender Dominated Industries: Breaking Through The Glass Ceiling. Journal of Academic and Business Ethics, 7(1/6), 3.

Bimo, Aryo. (2011). Dampak Iklan Terhadap Kelas Sosial Dalam Masyarakat. HUMANIORA, 2(1), 334.

Budiasa, Meistra. (2016). Representasi Kelas Sosial dalam Iklan Sosro. PROMEDIA, 2(2), 58.

Bungin, Burhan. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Chrismanuel, D.Y. (2014). Penggambaran Citra Perempuan dalam Iklan Televisi Kategori Produk Laki-Laki. Depok: Universitas Indonesia.

Creswell, J.W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Aming Five Approaches. United States of America: SAGE Publications.

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif: Dasar-dasar Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup.

Forno, D.M. (2015). Penggambaran Karakter pada Tokoh Utama dalam Film Maleficent. JURNAL E-KOMUNIKASI, 3(2), 3.

Fulton, H. et al. (2005). Narrative and Media. Cambridge: Cambridge University Press.

Kaliszewski, Sandra. (2013). Through a Narratalogical Lens: An analysis of the storytelling elements in award-winning advertisements. MA Global Media and Communication: University of Warwick.

KBBI. (2019). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Diakses 11 November 2018, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/nul

Kim, E., Ratneshwar. S., & Thorson. E. (2017). Why Narrative Ads Work: An Integrated Process Explanation, Journal of Advertising, 0(0), 2.

Kohlbacher, Florian. (2006). The Use of Qualitative Content Analysis in Case Study Research. Forum: Qualitative Social Research Sozialforschung, 7(1), 21.

Kusuma, R.S. (2017). Gender in Asian Movie: Narrative Deconstruction Analysis of Rashomon. Asian Journal of Media and Communication, 1(1), 60.

Kusumastutie, N.S. & Faturochman. (2004). Semiotika Untuk Analisis Gender Pada Iklan Televisi. Buletin Psikologi, 12(2), 111.

Kustanto, Lilik. (2015). Analisis Naratif: Kemiskinan dalam Program Reality TV Pemberian Misterius di Stasiun SCTV. REKAM, 11(2), 114.

Martin, P., & Barnard, A. (2013). The experience of women in male-dominated occupations: A constructivist grounded theory inquiry. SA Journal of Industrial Psychology, 39(2), 6.

Martono, Nanang. (2015). Metode Penelitian Sosial Konsep-Konsep Kunci. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Matthes, J., Prieler, M., & Adam, K. (2016). Gender-Role Portrayals in Television Advertising Across the Globe. Springerlink. 75. 314-327.

Millard, Jennifer. (2009). Performing Beauty: Dove's Real Beauty Campaign. ResearchGate, 32(2), 165.

Muhammad, H. (2014). Konstruksi Realitas Sosial Budaya Dalam Iklan Komersial Televisi. Journal Communication, 5(2), 60.

Mukti, I., Sultan, M.I., & Bahfiarti, S. (2015). Semiotika Ikon Perempuan Pada Iklan Mobil Dalam Majalah Otomotif AutoExpert. Jurnal Komunikasi Kareba, 4(3), 344-359.

Najah, Nailun. (2018). Otentisitas Bahasa Al-Quran Dan Pemaknaan Bidadari Surga (Respon Stefan Wild Terhadap Hipotesa Luxenberg. Kabilah, 3(1), 220.

Ningrum, S.W., & Kahija. Y.F.L. (2016). Pengalaman Menjadi Disc Jockey Perempuan Sebuah Pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis. Jurnal Empati, 5(2), 201.

Noeryani, F.A. (2009). The Representation of Beauty in Indonesia vs. USA Dove Shamphoo Advertisements: A Semiotic Study. Indonesian Journal of Social Sciences, 1(4), 6-7.

Pratami, A.M. (2015). Penggambaran Identitas Perempuan dalam Iklan Bumbu Masak. Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 373.

Prihatiningsih, Witanti. (2016). Analisis Semiotika Terhadap Iklan Sprite Edisi Mitos Vs Kenyataan di Televisi. Universitas Pembangunan Nasional Veteran, 10(2), 474.

Qamaria, R.S., Khumas, A., & Nurdin, M.N.H. (2015). Psychological Well-Being Perempuan Buruh Bangunan. Seminar Psikologi & Kemanusiaan. ISBN:978-979-796-324-8

Rumyeni, & Lubis E.E. (2013). Pemaparan Peran Wanita dalam Iklan Majalah. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 41.

Saidah, Nor. (2013). Bidadari Dalam Konstruksi Tafsir Al Quran: Analisis Gender Atas Pemikiran Amina Wadud Muhsin Dalam Penafsiran Al Quran. PALASTREN, 6(2), 447.

Sari, D.N. (2015). Perbedaan Gaya Hidup Mahasiswa Ditinjau Dari Status Ekonomi Dan Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman. eJournal Psikologi, 2(3), 338.

Satiti, N.L.U. (2010). Perempuan Dalam Majalah Perempuan Muslim. Jurnal Komuniti, 2(1), 34.

Selowae. (2017). Asal-Usul dan Kekuatan Cat Woman (Selina Kyle), Kucing Pencuri dari DC Comics. Diakses 10 Maret 2019, dari http://www.selowae.net/2017/12/asal-usul-kekuatan-catwoman-adalah.html

Septiani, H., Aquarini. P., & Saleha. A, (2017). Strategi Naratif Dalam Penggambaran Konflik Ideologis Pada Novel Kambing Dan Hujan Karya Mahfud Ikhwan. Atavisme, 20(1), 71.

Shadily, Hassan. (1992). Ensiklopedi Indonesia. Jakarta: PT Ichtiar Bam-Van Hoeve.

Siswati, Endah. (2014). Representasi Domestikasi Perempuan dalam Iklan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 181.

Sobur, Alex. (2016). Komunikasi Naratif: Paradigma, Analisis, dan Aplikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suasana, A.S. (2001). Hubungan Gender Dalam Representasi Iklan Televisi. NIRMANA, 3(1), 2-3.

Tamburaka, Apriadi. (2013). Literasi Media. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tan, J. (2001). Narrative Modes in Lu Xun's Short Stories. Amsterdam: University of Amsterdam.

Usman, H., & Akbar, P.S. (2008). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Vivian, John. (2015). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Prenada Media Grup.

Wahyuningtyas, B.P. & Setiowati, E. (2013). Stereotip Gender Dan Dominasi Kapitalis Dalam Iklan Televisi (Suatu Analisis Wacana Kritis terhadap Iklan Televisi Citra Korporasi Gudang Garam di Bulan Ramadhan). HUMANIORA, 4(1), 299.

Xu, Yi. (2011). What Makes A Female Voice Attractive. London: University College London.

Yulistiyanti. (2015). Fokalisasi Dalam Cerpen Interpreter of Maladies Karya Jhumpa Lahiri. Dinamika Bahasa & Ilmu Budaya, 10(1), 13.

Youtube. (2016). AXE - Heaven On Earth - Iklan Unik Indonesia. Diakses 24 Septermber 2018, dari https://www.youtube.com/watch?v=Xb8VmpN1nqc

Youtube. (2016). Extra Joss Blend. Diakses 28 Februari 2018, dari https://www.youtube.com/watch?v=-MCKRU2iJ2A

Youtube. (2012). Iklan TVC Kuku Bima Ener-G Cat Woman. Diakses 24 September 2018, dari https://www.youtube.com/watch?v=kl0EaZmuQYk

Youtube. (2017). Kisah Mudik Mas Kulin. Diakses 24 September 2018, dari https://www.youtube.com/user/NipponPaintIndonesia

Youtube. (2014). 2014 New Yamaha YZF-R15 (Indonesia) Keep Cool & Ride YZF-R15 Promo Video. Diakses 1 Februari 2018, dari https://www.youtube.com/watch?v=6onGsI_2p4Y

Youtube. (2018). Papan Silika Aplus 100% Bebas Asbes. Diakses 24 September 2018, dari https://www.youtube.com/watch?v=cqqygYqDdMQ




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v1i2.830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :