Pengaruh Iklan Online Naratif Move on Trip terhadap Sikap Penonton Media Sosial Youtube

Ghina Khalisha M, Nurul Rachmadini, Kristoforus Febrian K

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini membuat banyak pemasar merambah media online dalam mempromosikan produknya, khususnya media sosial. Salah satu media sosial yang dijadikan sasaran pemasar untuk promosi adalah Youtube. Dengan besarnya jumlah penonton Youtube di Indonesia menyebabkan banyak munculnya iklan online. Cara penyajian iklan pun saat ini semakin beragam. Iklan yang disajikan dengan cara naratif sedang digemari oleh pemasar dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan konsumen saat ini lebih menyukai iklan naratif yang menghibur serta informatif. Iklan online dalam bentuk naratif dianggap efektif karena dapat membentuk sikap penonton. Penelitian ini membahas pengaruh iklan online naratif terhadap sikap penonton dengan menjadikan webseries Samsung Move on Trip sebagai objek penelitian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh iklan online naratif terhadap sikap penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan kuisioner yang dibagikan kepada penoton webseries Move on Trip. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 100 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil uji regresi linier sederhana, diperoleh persamaan Y= -1,672 + 0,341X. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kontribusi yang diberikan oleh iklan online naratif dalam menjelaskan varian dari sikap penonton sebesar 55,9%, sedangkan 44,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak menjadi fokus penelitian ini. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa iklan online naratif memberikan pengaruh terhadap sikap penonton.


Full Text:

PDF

References


APJII. (2016). Diperoleh dari APJII: https://www.apjii.or.id/

Ching, R. K., Tong, P. , Chen, J.-S., & Chen, H.-Y. (2013). Narrative Online Advertising: Identification and Its Effects on Attitude Toward a Product. Internet Research Vol. 23 No. 4, 414-438.

Ciara, & Ali, D. S. (2017). Pengaruh Iklan Online Naratif terhadap Ekuitas Merek Nike di Kota Bandung (Studi Kasus Pada Iklan Online Naratif Youtube Nike Just Do It Greece). Prodi Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Diperoleh dari http://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/128186/jurnal/pengaruh-iklan-online-naratif-terhadap-ekuitas-merek-nike-di-kota-bandung-studi-kasus-pada-iklan-online-naratif-youtube-nike-just-do-it-greece-.pdf

Dacosta, M. D., & Sugandi, M. S. (2017). Strategi Kreatif Iklan dalam Pemanfaatan Webseries (Studi Kasus Axelerate: The Series Axe Indonesia Oleh Makna Creative). Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Telkom, 1150-1155. Diperoleh dari http://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/123926/strategi-kreatif-iklan-dalam-pemanfaatan-webseries-studi-kasus-axelerate-the-series-axe-indonesia-oleh-makna-creative-agency-.html

Hazizah, D., Lestari, M. T., & Imran, A. I. (2016). Analisis Tiga Perubahan Komunikasi Pemasaran Melalui Iklan (Studi Kualitatif Pada Iklan Naratif Online "LINE - Nic and Mar"). Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 2512-2516.

Hubspot. (2017). Diperoleh dari Hubspot: https://www.hubspot.com/marketing-statistics

Kure, E. (2015, Januari 16). Google: Iklan Audio Visual Sudah Berevolusi. beritasatu.com. Diperoleh dari http://www.beritasatu.com/iptek/241112-google-iklan-audio-visual-sudah-berevolusi.html

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana: Jakarta.

Nielsen. (2015, Juli 10). Diperoleh dari Nielsen: http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2015/REKOMENDASI-WORD-OF-MOUTH-MASIH-MENJADI-IKLAN-PALING-DIPERCAYA-OLEH-KONSUMEN-ASIA-TENGGARA.html

Nistanto, R. K. (2015, Oktober 20). Indonesia, Penonton YouTube Terbesar se-Asia Pasifik. Kompas.com. Diperoleh dari http://tekno.kompas.com/read/2015/10/20/17315317/Indonesia.Penonton.YouTube.Terbesar.se-Asia.Pasifik

Onggosaputra, N. E., & Apsari, F. Y. (2015). Proses dan Dampak Informasi dalam Strategi Iklan Bersambung Pond's Flawless White Versi 7 Days to Love. Jurnal Experientia Vol. 3, 93-109.

Rangkuti, F. (2009). Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Rodgers, S., & Thorson, E. (2012). Advertising Theory. New York: Routledge.

Samsung Indonesia. (2017). Diperoleh dari Samsung Indonesia: https://www.youtube.com/user/samsungindonesia

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Solomon, M. R. (2014). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. New York: Pearson.

Stokes, R. (2013). eMarketing: The essential guide to marketing in a digital world. Quirk.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2014). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS.

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v1i2.831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :