Kegiatan Iptek bagi Masyarakat (IBM) Karang Taruna dan PKK Desa Kohod Pakuhaji untuk Peningkatan Nilai Tambah dalam Pengolahan Limbah Kelapa sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Masyarakat

Yudhi Chandra Dwiaji, Nurato Nurato, Bethriza Hanum

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan ketrampilan kepada mitra mengenai teknologi pengolahan limbah kelapa menjadi produk yang bernilai ekonomis melalui transfer teknologi dengan harapan setelah kegiatan ini terlaksana akan tercipta wirausaha baru. Juga diharapkan mitra yang menjadi target mampu menularkan kemampuannya kepada masyarakat sekitar dengan sasaran anggota PKK dan Karang Taruna yang berasal dari desa Kohod, Kecamatan Pakuhaji. Metoda pendekatan dalam menyelesaikan masalah yang ada yaitu dengan melakukan Metode Transfer Teknologi (Ipteks) dan Kewirausahaan (Entrepreneurship), sehingga menghasilkan produk bernilai guna. Kegiatan Pelaksanaan Program Pengabdian pada Masyarakat terbagi menjadi tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tahap monitoring. Luaran dari kegiatan ini adalah berupa produk nata de coco, briket, dan asap cair. Semua peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik. Hal terlihat dari besarnya rasa ingin tahu mereka tentang materi yang diberikan. Kegiatan tindak-lanjut dilakukan setelah para peserta menerapkan beberapa pengetahuan yang disampaikan oleh Tim Pengabdi. Kegiatan tindak-lanjut dimaksudkan untuk mengetahui dampak dari diadakannya kegiatan ini. Kegiatan tersebut berupa adanya kewajiban bagi para peserta untuk mempraktekkan kembali cara pembuatan nata de coco, asap cair dan briket dari tempurung kelapa agar peserta benar-benar bisa dan paham disetiap tahapan proses pengolahan masing-masing produk tersebut. Hasil evaluasi yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa pengetahuan peserta untuk mengolah kelapa meningkat dan membuka pikiran peserta untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan pendapatan. Sekitar 85 persen, peserta secara aktif menanggapi positif keterampilan dan pengetahuan yang disampaikan oleh Tim Pengabdi.


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan, 2006. Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kelapa. Departemen Pertanian. Jakarta.

BPS Banten, 2013. Banten dalam Angka. Badan Pusat Statistik Prov. Banten.

Ditjenbun. 2010. Statistik Perkebunan Indonesia 2006 - 2009. Kelapa. Direktorat Jenderal Bina Produksi Perkebunan. Jakarta.

Kusnandar. F., Wulandar, Hariyadi. P. 2007. Model Industri: Teknologi Proses Produksi Minuman Nata de Coco dalam Cup. Lemlit Universitas Hasanudin, Makasar.

Sutarminingsih. 2004. Peluang Usaha Nata de Coco. Kanisius, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by: 
Google Scholar 

Copyright of Jurnal Abdi MOESTOPO
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Univesitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta Selatan C/Q Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPDM(B)

Contact Person: Dr. Rajab Ritonga, M.Si
Email                  : [email protected]
Call/Whatsapp : +62811133471