Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto

Prita S Nurcandrani, Bunga Asriandhini, Ade Tuti Turistiati

Abstract


Keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam proses pengembangan diri. Namun, banyak anak merasa kurang bahkan tidak mampu berbicara di depan umum karena kurang percaya diri, tidak menguasai materi, atau tidak paham bagaimana melakukannya. Keterampilan public speaking pada anak harus dibina, dilatih dan dikembangkan secara terus-menerus. Kondisi tersebut menjadi dasar dilaksanakannya program Pengabdian Kepada Mayarakat (PKM) yang diikuti 15 siswa SD yang tergabung di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Program PKM dikemas dalam bentuk pelatihan dengan tujuan membangun kepercayaan diri berbicara di depan umum, memahami materi yang akan disampaikan, serta mampu mengaplikasikan teknik public speaking. Pelatihan dilakukan empat kali selama sebulan; dua kali dilakukan di kampus Universitas Amikom Purwokerto, selebihnya diselenggarakan di area publik terbuka, dan gedung Arsip & Perpustakaan Daerah (Arspusda) Purwokerto. Selama pelatihan, peserta mendapatkan materi dasar dan teknik public speaking serta praktik langsung. Pelaksanaan dimulai dari tahap observasi awal, orientasi, pengenalan materi, praktek, dan diakhiri dengan evaluasi. Hasil dari pelatihan cukup baik, terbukti pada pertemuan keempat, peserta telah mencapai kemampuan public speaking yang memadai; kepercayaan diri meningkat, mampu membawakan materi dengan baik, serta dapat mengaplikasikan teknik-teknik public speaking.

Full Text:

PDF

References


Barnard, D. (2017). What are the Benefits of Public Speaking? Retrieved from https://virtualspeech.com/blog/what-are-the-benefits-of-public-speaking%0A

Baumeyer, K. (2018). Public Speaking as a Communication Process. Retrieved from https://study.com/academy/lesson/public-speaking-as-a-communication-process.html

Endahati, N., & Purwanto, E. (2016). Investigating the Benefits of Mobile Phone Technology toward the Teaching and Learning Practices at Higher Schools. Ahmad Dahlan Journal of English Studies (ADJES), 3(1).

Hojanto, O. (2016). Public Speaking Mastery. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hudoro, S. (2000). Cara Berbicara dan Presentasi dengan Audio Visual. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Noer, M. (2017). Mengasah Kemampuan Public Speaking. Retrieved from Presentasi Net website: https://www.presentasi.net/author/noerpresadm/

Oktavianti, R., & Rusdi, F. (2019). Belajar Public Speaking sebagai Komunikasi yang Efektif Roswita Oktavianti1 dan Farid Rusd. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Stewart, F., & Tassie, K. (2011). Changing the Atmosfear in the Public Speaking Classroom. International Journal of Humanities and Social Science, 1(7).

Turistiati, A. T. (2019a). Pelatihan Komunikasi Efektif dalam Pembentukan Karakter Anak di Cilendek Barat dan Timur - Kecamatan Bogor Barat. Jurnal PKM Abdi Moestopo, 2(1).

Turistiati, A. T. (2019b). Pelatihan Soft Skills Dan Pendampingan Siswa-Siswi SMK Di Kota Bogor Untuk Persiapan Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Komunitas, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id