PENCARIAN STRATEGI KEHUMASAN PENANGANAN COVID-19 DAN PENERAPANNYA DI KALANGAN WARGA DENGAN KETIDAKPERCAYAAN PADA PEMERINTAH (POLITICAL DISTRUST) DI KECAMATAN GARUT KOTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui strategi Humas Kabupaten Garut dalam Menangani Covid-19. 2) mengetahui kendala yang dihadapi Humas Kabupaten Garut dalam penerapan strategi menganai Covid-19
Penelitian ini menggunakan teori konsep Pendekatan Strategi Humas. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, dengan menggunakan wawancara sebagai alat untuk pengumpulan data.
Hasil penelitian diketahui Public Relation kecamatan Garut Kota dalam mengatasi Covid-19 melalui pendekatan kemasyarakatan dengan cara melakukan komunikasi langsung bersama jajaran Satgas Covid-19 serta melibatkan ketua RW, ketua RT dan eleman masyarakat. Public Relation kecamatan Garut Kota juga memanfaatkan media sosial seperti WA, Instagram, facebook untuk menyebarluaskan pesan kebijakan Covid-19 kepada masyarakat. Bagi masyarakat yang tidak memiliki media sosial dapat memperoleh pesan protokol kesehatan melalui media cetak yang ditempatkan di kantor kecamatan, tempat ibadah, tempat-tempat umum yang strategis yang dapat dilihat oleh masyarakat. Kendala Public Relation kecamatan Garut Kota dalam mengatasi Covid-19 terdiri dari kendala internal dan eksternal. Kendala internal yaitu keterbatasan Sumber Daya Manusia. Kendala eksternal berupa minimnya tingkat kepatuhan masyarakat untuk disiplin dan tertib mematuhi protokol kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Ardianto, Elvinaro. (2011). Hand Book of Public Relation. Cetakan Pertama. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Arsip umum GlobalTV 2011, PT. Global Informasi Bermutu
Bambang Suratman dan Siti Sri Wulandari. 2017. Public Relation Talent of PR Jakarta: Salemba Humanika. Cet Ke-1.
Cutlip, Center, Broom. 2009. Effektive Public Relation. Jakarta: Kencana
Danandjaja. 2011. Peran Humas Dalam Perusahaan, Graha Ilmu, Jakarta
David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta
Elvinaro Ardianto, 2011. Handbook of Public Relation Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Cet, Ke-1
Husein Umar, 2010, Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Raja Grafindo,
Keith Butterick, 2014. Pengantar Public Relation Teori dan Praktik (Jakarta: Rajawali Pers. Ed.1, Cet, Ke-3.
Kriyantono, Rachmat 2012. Public Relation & Crisis Management: Pendekatan Critical PublicRelations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Group
Kustadi Suhandang, 2004. Public Relation Perusahaan Kajian Program lmplemen Jasi. Bandung : Nuansa Cendekia.
Kustadi, Suhandang. 2004. Public Relation Perusahaan. Bandung: Nuansa.
Rachmat Kriyantono, 2012. Public Relation Writing. Jakarta: Kencana, Ed.2, Cet, Ke-3.
Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Rosady Ruslan, 2016. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Ed. Revisi, Cet, Ke-13,
Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communication a Framework for PR Practitionsers. Yogyakarta: Graha Ilmu
Soleh Soemirat dan Elvinaro Ardianto. 2002. Dasar-dasar Publik Relations Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet, Ke-10
Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran I. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Offset
Umar, Husein. 2010. Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali. Press
Jurnal
Jurnal Komunikasi Vol 3 No 2 (2021) pp 119-128. Yulia Segarwati, Almadina Rakhmaniar. Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam Menangani Krisis Pandemi Covid-19. Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pasundan.
Jurnal Komunikasi Vol. 10, No. 2, Desember 2018, Hal 115 – 130. Mohammad Ribhul Azeem, Ahmad Toni. Strategi Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Dalam Pengelolaan Jejaring Sosial. Public Relation FIKOM Universitas Budi Luhur.
Penelitian Kolaborasi, Ketua : Zulaeha Laisa, S.Sos., M.Si., 1. Khadafi Alvaro Masloman, 2. Hestin Abdul. (2020). Strategi Humas Pemda Kabupaten Gorontalo dalam Mengoptimalkan Penyampaian Informasi Publik Kepada Masyarakat di Desa Dulamayo Kecamatan Bongomeme. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 09 Nomor 05 Tahun 2021, 1236-1244. Valentina Adisti Aditya Chandra Setiawan. Strategi Humas Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19.
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i2.4286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.