Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Penanganan Anak Jalanan di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 5 Duren Sawit Jakarta Timur

Lukman Hakim

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 5 Duren Sawit Jakarta Timur.Tipe penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode Eksplanatif, yaitu suatu penelitian yang menjelaskan atau menggambarkan sesuatu, yang bertujuan menguji hipotesis yang berkenaan dengan hubungan sebab akibat diantara variabel yang diteliti. Sedangkan pengumpulan data dalam metode eksplatif dilakukan dengan pendekatan survei. Survei merupakan suatu penelitian kuantitaif yang sama kepada banyak orang untuk kemudian seluruh jawaban yang diperoleh peneliti dicatat, diolah, dan dianalisis.

Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh rujukan sebagai berikut :

a. Melalui uji regresi Y = a + bX; Y =8.939 + 0.737 (Kualitas Pelayanan ). Ini berarti bila Kualitas Pelayanan (X)ditingkatkan sebesar 1 point, maka akan memberikan pengaruh terhadap Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Di panti sosial asuhan anak putra utama 5 duren sawit jakarta timur sebesar 0.737.

b. Uji korelasi Kualitas Pelayanan (X) sebesar 0,737, artinya bila Kualitas Pelayanan ditingkatkan maka akan menghasilkan Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Di panti sosial asuhan anak putra utama 5 duren sawit jakarta timur meningkat. Sedangkan melalui koefisien penentu didapat Kualitas Pelayanan (X) sebesar 0.588, sehingga variasi peningkatan dan penurunan Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Di panti sosial asuhan anak putra utama 5 duren sawit jakarta timur dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan (X) sebesar 58,8%, dan terlihat faktor-faktor lain di luar variabel sebesar 41,2%.

c. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapat nilai t hitung variabel Kualitas Pelayanan sebesar 7.694 dan t tabel 1.694, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara Kualitas Pelayanan dan peningkatan Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Di panti sosial asuhan anak putra utama 5 duren sawit jakarta timur.

Probabilitas hasil sebesar 0.000 atau 0% sedangkan tarif a = 5% dengan demikian [ r = 0.000 < a = 0.050 ], sehingga dengan demikian Kualiatas Pelayanan Signifikan terhadap Efektivitas Penanganan Anak Jalanan Di panti sosial asuhan anak putra utama 5 duren sawit jakarta timur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.