Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Sekretariat Direktorat Jenderal Kementerian Sosial Republik Indonesia

Elis Teti Rusmiati

Abstract


Tujuan Peneliti ini adalah mengetahui besaran pengaruh pengawasan terhadap disiplin kerja aparatur sipil negara pada bagian sekretariat Direktorat Jenderal Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Penulisan penelitian ini menggunakan metode Eksplanatif, yaitu suatu penelitian yang menjelaskan atau menggambarkan sesuatu, yang bertujuan menguji hipotesi yang berkenaaan dengan hubungan sebab akibat diantara variable yang diteliti.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil suatu kesimpulan bahwa :

  1. Pengawasan yang berkorelasi terhadap Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara Pada Bagian Sekretariat Direktorat Jenderal Kementerian Sosial sebesar 70,2%.
    1. Melalui uji regresi Y = a + bX; Y = 7.081+ 0.702 (Pengawasan). Ini berarti bila Pengawasan (X) ditingkatkan sebesar 1 point, maka akan memberikan pengaruh terhadap Disiplin Kerja sebesar 0.702.
    2. Uji korelasi Pengawasan (X) sebesar 0,560, artinya bila Pengawasan ditingkatkan maka akan menghasilkan Disiplin Kerja meningkat. Sedangkan melalui koefisien penentu didapat Pengawasan (X) sebesar 0.044, sehingga variasi peningkatan dan penurunan Disiplin Kerja dapat dijelaskan oleh variabel Pengawasan (X) sebesar 56,0%, dan terlihat faktor-faktor di luar variabel Pengawasan (X) dan variabel Disiplin Kerja (Y) sebesar 44,0%.
  2. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapat nilai t hitung variabel Pengawasan sebesar 4.059 dan t tabel 1.688, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara Pengawasan dan peningkatan Disiplin Kerja.

Kata Kunci : Pengawasan, Disiplin, Kinerja, Pegawai.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.