Analisis Kinerja Subdetasemen I Penjinak Bom Detasemen Gegana Satuan BRIMOB Polda Metro Jaya dalam Pelayanan Evakuasi dan Sterilisasi Ancaman Bom di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya

Harits Hafiid

Abstract


Sterilisasi bom adalah suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan petugas Unit Gegana penjinak bom (Jibom) dalam rangka mencari dan menemukan suatu benda atau barang yang ada hubungannya dengan bahan peledak/bom sehingga dapat dinyatakan bersih dan aman serta memindahkan barang dari kategori rawan ke kategori aman sehingga dapat meminimalisir korban apabila terjadi ledakan.

Fokus penelitian ini adalah Analisis kinerja Subdetasemen I Penjinak Bom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya dalam pelayanan evakuasi dan sterilisasi ancaman bom di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tujuan kinerja Subdetasemen I penjinak bom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya dalam pelayanan evakuasi dan sterilisasi ancaman bom di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Kasus dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, Analisis kinerja Subdetasemen I penjinak bom Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Metro Jaya dalam pelayanan evakuasi dan sterilisasi ancaman bom di wilayah hukum Polda Metro Jaya, belum berjalan secara maksimal. Hal ini karena dalam pelaksanaannya belum sesuai prosedur yang di lakukan, seperti keterbatasan kualitas sumber daya manusia di bidang kualitas personil , dan peralatan yang harus di sesuaikan dengan perkembangan jaman dan tekhnologi, pergantian peralatan yang sudah rusak dan termakan usia.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.