Implementasi Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan

Novida Anggraini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tentang implementasi kebijakan program kartu badan penyelenggara kesehatan (BPJS) di Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data kualitatif adalah upaya yang dilakukan denganjalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari dan memutuskan apa yang dapat diceritakan kepada orang lain. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan: 1) Dari Aspek pelaksana. Sebagai pelaksana dalam implementasi kebijakan BPJS Kesahatan, Rumah Sakit sebagai mitra kerja, dan BPJS Kesehatan belum cukup memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna Kartu BPJS Kesehatan. 2) Aspek prosedur dan mekasnisme. Prosedur dan mekanisme di Puskesmas Kecamatan pesanggrahan untuk pengguna BPJS telah dirasakan cukup. Dengan kemudahan syarat pengajuan memebuat Warga dapat segera memanfaatkan pelayanan tersebut. 3) Aspek target group. Pada aspek target group ini belum memuaskan karna masih banyak yang kekurangan di sumber daya manusia dan fasilitas yang belum memadai untuk menampung masyarakat pengguna BPJS dan masih kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang BPJS kesehatan.

Kata Kunci: Implementasi, BPJS, Pelayanan, Masyarakat


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.