Peran Motivasi Pegawai Badan Pusat Statistik Pada Kecamatan Penjaringan Kota Administrasi Jakarta Utara

Yasef Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Motivasi Pegawai Badan Pusat Statistik Pada kecamatan Penjaringan Kota Administrasi Jakarta Utara. Fokus yang diteliti yaitu dengan menggunakan 3 aspek yang terdiri dari Aspek Motivasi, Aspek kepemimpinan, dan Aspek Kinerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta melakukan analisis data yang berkaitan dengan fokus permasalahan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja Aparatur Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Kecamatan Penjaringan terdiri atas: Faktor umur sangat berpengaruh terhadap pola fikir, tingkat kedewasaan dan semangat kerja seorang pegawai. Faktor pendidikan memiliki kaitan dengan tingkat kemampuan aparat dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diberikan. Motivasi yang diberikan oleh pimpinaan terhadap bawahannya merupakan hal yang sangat penting, Karena dalam melaksanakan suatu pekerjaan kantor, motivasi dari atasan merupakan dorongan yang dapat menggerakkan setiap pegawai berdasarkan kebutuhan-kebutuhan yang diinginkan tanpa adanya unsur paksaan. Selama ini motivasi pegawai dinilai sudah cukup baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang PNS. Namun ada beberapa hal yang perlu dibina, seperti ketepatan waktu masuk kerja, karena masih ada saja ditemukan beberapa pegawai yang sering datang terlambat. Motivasi itu pada dasarnya tidak hanya datang dari atasan kepada bawahan saja, tetapi bawahan juga wajib memberikan motivasi atau dorongan kepada atasan dengan cara-cara yang wajar, sehingga timbul suatu kerja sama yang baik serta hubungan yang harmonis. Pada dasarnya manusia bekerja tidak hanya untuk sekedar mencari nafkah meskipun hal itu penting, melainkan sebagai wahana untuk mengangkat harkat dan martabatnya. Hal ini berarti untuk memuaskan kebutuhan akan harga diri, antara lain melalui perolehan pengakuan dan penghargaan dari orang lain, seperti atasan, rekan setingkat, dan bahkan para bawahan.


Full Text:

PDF

References


As'ad, Moh. (2003), Psikologi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Liberty, Jakarta.

Baridwan,1999, Pemerintahan Yang Bersih dan Berwihawa Dalam Era Otonomi Daerah Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Campbell, J.P., & Campbell, R.J.,1990, Productivity in Organizations New Perpectives From Industrial & Organizational Psychology, Jossey Bass Publishers, 1990.

Devis, Keith dan Newstrom, John W., 1990, Perilaku dalam Organisasi, Edisi ketujuh, PT. Erlangga, Jakarta.

Fletcher, 1997, Competence and Organizational Change, International Edition, Singapore: Mc. Graw Hill Book Co.

Gibson, L. James, John M. Ivancevich, and James H. Donnelly, Jr., 1996, Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses, Edisi Kedelapan, Jilid I, Binarupa Jakarta.

Gie, The Liang, 1995, Efisiensi Kerja bagi Pembangunan Negara: Suatu Bunga Rampai Bacaan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Grote, Dick, 1996, The Complete Guide to Performance Appraisal, New York: Amacon.

Hariandja, Marihot Tua Efendi, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, PT. Grasindo, Jakarta.

Hasibuan, Melayu, SP., 1997, Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktifitas, Bumi Aksara, Cetakan Pertama, Jakarta.

Herzberg, F.M., Mausner, B., & Snyderman, B., 1959, The Motivation to Work, Second Edition, John Wiley and Sons Inc.

Irawan, Prasetya dkk. 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIA-LAN Press, Jakarta.

Kusumastuti, Dyah, 2004, Implementasi SDM Berbasis Kompetensi-Pengukuran Kebutuhan Kompetensi Jabatan, Lembaga Manajemen Pemerintahan Daerah, Bandung.

Liliweri, Alo, 1997, Sosiologi Organisasi, Citra Aditya Bakti, Bandung.

Machrany, A. A.,1995, Motivasi dan Disiplin Kerja, Seri Produktivitas II, LSIUP.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Manulang, ML, 1988, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Musanef, 1994, Manajemen Kepegawaian di Indonesia, Gunung Agung, Jakarta.

Pace, R. Wayne. Don F. Faules, 2001, Komunikasi Organisasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Panggabean, Murtiana S., 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta

Prihadi, Syaiful F., 2004, Assessment Centre (Identifikasi, Pengukuran, dan Pengembangan Kompetensi), PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Reksohadiprodjo, S., & Handoko, T.H.,1998, Organisasi Perusahaan: Teori, Struktur dan Perilaku, BPFE.

Ruky, Achmad S., 2002, Sistem Manajamen Kinerja, Cetakan kedua, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakrta

Sagir, S., 1998, Motivasi dan Disiplin Kerja Karyawan untuk Meningkatkan Produktivitas dan Produksi, Seri Produktivitas II, LSIUP.

Siagian, Sondang, 1999, Teori Motivasi dan Aplikasinya, Reneka Cipta, Cetakan Kedua, Jakarta.

Steers, Richaed M, terjemahan Yamin, Magdalena, 1985, Efektivitas Organisasi, Erlangga, Jakarta.

Tjokroamidjojo, Bintoro dan Mustafadidjaja, 1986, Teori Strategi dan Pembangunan Nasional, Gunung Agung.

Wexley, Kenneth, N dan Yukl, Gary, terjemahan Muh Shobaruddin, 2000, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Rineka Cipta, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.