PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM FENOMENA CATSHOW SEBAGAI STRATIFIKASI SOSIAL EKONOMI KOMUNITAS CAT LOVERS

Eza Meiliza

Abstract


Latar belakang penelitian ini didasari oleh fenomena keberadaan kucing ras yang menjadi hewan peliharaan di beberapa kalangan bangsawan, akhirnya berkembang hingga saat ini untuk menunjukkan tingkat stratifikasi sosial masyarakat. Pembedaan dan/atau pengelompokan ini didasarkan pada adanya suatu simbol-simbol tertentu yang dianggap berharga atau bernilai (baik berharga atau bernilai secara sosial, ekonomi maupun dimensi lainnya) dalam suatu kelompok sosial (komunitas), karena terkait dengan nilai ekonomis kucing ras, (khususnya Persia). Hal inilah yang mampu menciptakan daya tarik tersendiri bagi setip individu untuk memelihara kucing ras. Sehingga banyak dari beberapa individu pecinta kucing akhirnya membentuk komunitas tersendiri untuk bersamasama mengelola dan berbagi pengetahuan tentang kucing serta menyalurkan hobby memelihara kucing. Salah satunya adalah komunitas pecinta kucing yang bernama Karawaci Cat Lovers (KCL). Agar dapat menjangkau public internal (pecinta kucing) dan ekternal (masyarakat umum) maka diadakan kegiatan penyelenggaraan event catshow. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan public relations komunitas Karawaci Cat Lovers dalam penyelenggaraan catshow dan untuk mengetahui upaya pembentukkan stratifikasi sosial ekonomi dalam komunitas Cat Lovers Karawaci Tangerang.


Keywords


Public Relations, Ekonomi, Stratifikasi Sosial

Full Text:

PDF

References


Cutlip, Scott M., Allen H. Center, dan Glen M. Broom. , 2006. Effective Public Relations. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Deddy Mulyana, 2001, Ilmu Komunikasi, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Effendy. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra. Aditya Bakti.

Elvinaro Ardianto, 2002, Dasar-dasar Public Relations, PT Remaja Rosdakarya. Bandung,

Kuswarno, Engkus, 2008. Metode Penelitian Komuniasi : Etnografi Komunikasi, Widya Padjajaran, Bandung

Rachmadi, F. 1994. Public Relation Dalam Teori dan Praktek. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sendjaja, Sasa Djuarsa. 2007. Teori Komunikasi, UT, Jakarta.

Soekanto Soerjono, 2001. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Littlejohn Stephen W. , Karen A. Foss, 2009. Teori Komunikasi (Edisi 9), Salemba Humanika, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v13i3.150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.