ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI PERILAKU MASYARAKAT JAWA DALAM FILM KALA

Rionaldo Herwendo

Abstract


Masalah penelitian ini adalah representasi perilaku masyarakat Jawa dalam film Kala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur Jawa dalam film Kala, untuk mengetahui perilaku masyarakat Jawa pada umumnya serta mengetahui bagaimana perilaku msayarakat Jawa direpresentasikan dalam film Kala. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik, teori konstruksi realitas dan semiotika Roland Barthes. Tanda-tanda dalam film ini akan dikaji. Dalam film ini terdapat tanda-tanda yang mengindikasikan budaya Jawa secara implisit. Tanda-tanda ini harus dikaji lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana Jawa digambarkan dalam film ini, terutama perilakunya. Dengan mengetahui film ini lebih rinci, dapat diketahui pesan-pesan tersembunyi yang disampaikan oleh pembuat film melalui film Kala. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang dapat diamati. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah Joko Anwar (Sutradara), Mohammad Sobary (budayawan)dan Fadhis Abby Putra (penonton). Berdasarkan pengkajian tanda dari adegan dalam film ini ditemukan beberapa tanda yang menunjukkan unsur budaya Jawa dalam film ini. Setelah ditemukan, tanda-tanda ini dikaji lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana perilaku masyarakat Jawa dalam film ini direpresentasikan. Unsur Jawa dalam film ini direpresentasikan dalam adegan, cerita utama, bahasa yang digunakan dan nama-nama tokoh. Perilaku masyarakat Jawa dalam film ini digambarkan pada karakter-karakter yang memiliki peran sebagai penjahat atau the bad guy.


Keywords


Film, Perilaku, Semiotika

Full Text:

PDF

References


Basrowi, Sudikin. 2002. Metode Penelitian kualitatif perspektif mikro. Surabaya : Insan Cendikia.

Berger, Peter L dan Thomas Luckmann. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan; Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.

Budiman, Kris. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik.

Furchan, Arief. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional

Hersey, P dan Blanch. 2004. Manajemen Perilaku Organisasi, pendayagunaan sumber daya manusia (alih bahasa: Agus Dharma). Erlangga. Jakarta

Hardjowirogo, Marbangun. 1983. Manusia Jawa. Jakarta: CV Haji Masagung

Ichwanudin. 1998. Hubungan Perilaku Komunikasi Peserta Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) dengan Adopsi Program Sapta Pesona di Kabupaten Sukabumi. Tesis Sekolah Pasca Sarjana Jurusan Komunikasi Pembangunan Pertanian Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Juliastuti, Nuraini. 2011. Repsentasi Makna Pada Iklan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktik Riset Komunikasi: disertai contoh praktif riset media, public realtions advertising, komunikasi rganisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera

Mardalis. 1999. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Bandung: PT. Bumi Askara

McQuail, Dennis. 1987. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Edisi Kedua. Terjemahan oleh Agus Dharma & Aminuddin Ram. 1994. Jakarta: Erlangga.

Monaco, James, 1977. How To Read a Film. London: Oxford University Press.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Sebagai Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan; Antara Realitas, Representasi dan Stimulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Piliang, Yasraf Amir. 2003. Hipersemiotika, Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra.

Rogers, Everett. M. 1994. A History of Communication Study: A Biographical Approach. New York:The Free Press.

Samovar, L.A, Porter, R. E., & Jain, N. C. 1981. Understanding Intercultural Communication. Belmont, CA, Wandsworth Inc.

Sobur, Alex. 2004 . Semiotika Komunikasi . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2006. Analisis Teks Media : Suatu Pengantar untuk analisis Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisis Framing. Edisi Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Stephen P Robbins, 1996. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit PT.Bhuana Ilmu Populer.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

West R dan Turner LH. 2009. Pengantar teori komunikasi analisis dan aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Website http://filsafat.kompasiana.com/2012/08/05/wow-molimo-dan-ciri-ciri-manusia-jawa-features-71-482856. html




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v13i3.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.