REPRESENTASI SIKAP OPTIMISME DALAM TAMPILAN IKLAN NIVEA MEN

Yosia Kurnia Nugroho, Radja Erland Hamzah

Abstract


Iklan tak hanya bersifat komersial, kini iklan pun juga berorientasi membangun realitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi optimisme pada iklandan mengidentifikasi makna-makna denotasi, konotasi, dan mitos yang terdapat dalam Iklan Nivea Men: The Untold Story of Bepe #preparetoinspire di youtube dengan menggunakan model Roland Barthes, yang mencakup juga unsur-unsur visual yang terlihat dan juga suara narasi dari iklan tersebut. Peneliti mencoba mengupas satu demi satu tanda dan petanda yang ada pada iklan Youtube Nivea Men dengan menggunakan model semiotika Roland Barthes dan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat tanda dan makna optimisme pada iklan Nivea Men: The Untold Story of Bepe #preparetoinspire berupa makna denotasi yang meliputi gerakan dan kegiatan seperti memberi arahan, menendang bola, ekspresi mencetak gol. Sedangkan untuk makna konotasi dan mitos, iklan ini selalu menampilkan karakter-karakter optimisme, kerja keras, dan memberikan inspirasi.Temuan penlitian ini menyimpulkan bahwa iklan Nivea Men ini memang dibuat oleh produsen dengan menggunakan tanda dan makna optimisme

Keywords


Iklan, Semiotika, Konstruksi Realitas

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2001. Imaji Media Massa, Konstruksi dan Makna realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik. Yogyakarta: Jendela.

Croetau, David dan Wlliam Hoynes. 2000. Media/Society, industries images and audiences. California: Pine Forge Press.

Hartley, J. 2009. Communication, Cultural, and Media Studies. Yogyakarta: Jalasutra.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. 2000. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh, Jakarta: Edisi Milenium.

Kurniawan. 2001. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera.

Lexy, J Moleong. (2008) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan, Antara Realitas, Representasi, dan Simulasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan Center for Critical Social Studies (CCSC).

Rusdianto, Ujang. 2016. Nuansa Periklanan Korporat. Yogjakarta: Calpulis.

Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu. 2011. Semiotika Komunikasi-Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Widyatama, Rendra. 2005. Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.