ANALISIS WACANA BERITA ATAS POSISI HU KOMPAS DAN REPUBLIKA PADA KASUS INTIFADA II 28 SEPTEMBER 2000

Sandro Sandro, Mirza Ronda

Abstract


"Kepada keturunanmulah Kuberikan negeri ini, mulai dari sungai Mesir sampai ke sungai yang besar itu, sungai efrat ... "

Kitab kejadian 15: 18 itulah awal dari konflik yang berkepanjangan antara lsrael-Palestina. Ayat kitab suci tersebut berisikan perjanjian antara Tuhan bangsa Israel dengan Abraham/Ibrahim. Kemudian pada tahun 1897 diadakan kongres pertama Zionis di Basie, Swis. Pada waktu itu, peserta kongres sepakat untuk mewujudkan gagasan Theodor Herzl yakni mendirikan sebuah kampung halaman bagi orang Yahudi di Palestina. Selanjutnya dikeluarkan Deklarasi Balfour 1917, yaitu surat Menteri Luar Negeri lnggris James Arthur Balfour kepada Baron Rothchild, seorang Yahudi Amerika, sebagai pemicu kedua terjadinya konflik antara Bangsa Arab dengan bangsa Yahudi. Surat tersebut, berisikan jaminan Pemerintah lnggris atas terbentuknya sebuah negara Yahudi yang berkedudukan di tanah Palestina, dengan catatan ada jaminan bahwa hak penduduk asli di daerah itu dihormati.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v3i11.238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.