IDEOLOGI GENDER DALAM MEDIA ( Analisis Wacana Kritis Ideologi Gender dalam Majalah KARTINI )

nurkholisoh nurkholisoh

Abstract


Dalam  media  massa,  termasuk  majalah,  perempuan  seringkali  ditampilkan sebagai sosok yang pasif dan hanya layak berperan dalam ranah domestik. Hal ini tentunya  juga  tidak  terlepas  dari adanya  ideologi yang  ada di balik produksi  teks  dan  wacana   yang .   ada  dalam  majalah  itu  sendiri.  ldeologi gender  diduga  turut  mempengaruhi dan  bekerja  di balik  produksi  teks dan wacana yang ada di  dalam majalah, termasuk  majalah KARTINI.  lnilah yang kemudian dikaji dalam penelitian ini.

Berdasarkan  hasil analisis  teks dan wacana  yang ada di  dalam  beberapa rubrik  majalah  KARTINI  edisi  2148  sampai  2153  terlihat  bahwa  majalah tersebut  masih menempatkan  wanita dalam  sektor domestik,  dimana wanita yang bisa dikatakan baik adalah wanita yang berhasil mengurus  keluarganya, dalam  hal  ini adalah  suami  dan anak-anaknya,  meskipun  ia  memiliki karir yang baik di ranah publik ataupun memiliki status sosial ekonomi  yang tinggi.


Keywords


ldeologi & Gender

Full Text:

Untitled

References


Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. 1994. Handbook of Qualitative

Research. SAGE Publications: USA.

Eriyanto. 2001. Analisis Wacana - Pengantar Analisis Teks Media. LkiS Yogyakarta.

Fiske. John. 1990. Introduction to Communication Studies. Routledge

London.

Gee, James Paul. 1999. An Introduction to Discourse Analysis : Theory and

Method. Routledge : London.

Ibrahim, lsi S &• Hanif Suranto. 1998. Wanita dan Media. PT Remaja

Rosdak_arya : Bandung.

Kuper, Adam & Jessica Kuper. 2000. Ensiklopedi 1/mu-ilmu Sosial. Rajawali

Pers : Jakarta.

Littlejohn, Stephen W. 1999. Theories of Human Communication Sixth

Edition. Wadsworth Publishing Company : USA.

Shoemaker. Pamela J & Stepehen O Reese. 1991. Mediating The Message: Theories of Influences on Mass Media Content. Longman Publishers : USA. Sobur, Alex, Ors, MSi. 2002. Analisis Teks Media - Suatu Pengantar untuk Analisi Wacana, Analisis Semiotika, dan Analisi Framing. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

----------------------------. 2003. Semiotika Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya :

Bandung.

Siregar, Ashadi, dkk. 1999. Media dan Gender. Galang Printika: Yogyakarta. Tong, Rosemarie P. 1998. Feminist Thought : A More Comprehensive Introduction. Westview Press : USA.

Van Zoonen, Liesbet. 1994. Feminist Media Studies. SAGE Publication

USA.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v5i17.266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

   

 



WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]