STRATEGI PROGRESIF CSR PERSEROAN INDOSIAR DALAM MERAIH PENGHARGAAN ASIA RESPONSIBILITY ENTREPRENEURSHIP AWARD

Adrian Ingratubun

Abstract


Wujud tanggung jawab sosial Perseroan Indosiar dimulai sejak awal pendirian, berangkat dari lingkungan sekitar dan terus berkembang hingga menggapai seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali. Perseroan sebagai media penyampai informasi yang memiliki kemampuan menjangkau jutaan pemirsa secara cepat pada saat yang bersamaan, Perseroan senantiasa merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi lebih bagi masyarakat Indonesia. Dengan dana yang berasal dari Perseroan dan kedermawanan sosial masyarakat (filantropi) yang digalang oleh Perseroan sebagai wujud kepedulian sosial serta bagian dari fungsi dan peran sosial media massa. Perseroan menyelenggarakan tiga program, CSRnya, yaitu : Peduli Kasih, Kita Peduli, dan Peduli Komunitas. Salah satu aspek penting yang diangkat penulis dalam melakukan penelitian dimaksud adalah lebih menekankan kegiatan Peduli Kasih dan melihat tentang keberhasilan Indosiar dalam meraih penghargaan AREA tahun 2013 dengan kategori Health Promotion melalui kegiatan dosiar Warnai Indonesia (Indosiar colors Indonesia), dalam rangka HUT Indosiar ke-18


Keywords


Strategi, Progresif, CSR, Promosi Kesehatan, AREA

Full Text:

PDF

References


Adnan Putra, Ahmad S,. Corporate Strategi dan PR Strategy, Jakarta: Penerbit.,1986

Ardianto, E. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2009.

Dirjosisworo, Soejono. Hukum Perusahaan Mengenai Penanaman Modal di Indonesia, Mandar Maju, Bandung. 1999.

Dwi, Kartini. Corporate Social Responsibility, Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Cetakan kedua. Jakarta: PT. Refika Aditama. 2013.

Creswell, John.W. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Cetakan I. Penerbit : Pustaka Pelajar, Yogjakarta. 2010.

Elkington, John. Cannibals With Forks, The Triple Bottom Line of Twentieth Century Business; Dikutip dari Teguh Sri Pembudi, CSR Sebuah Keharusan Dalam Investasi Sosial. Pusat Penyuluhan Sosial (PUSENSOS) Departemen Sosial RI, Jakarta, La Tofi Enterprise. 2005.

Hadi, Noor. Corporate Social Responsibility. Cetakan kedua. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. 2014.

Kartono, Kartini. Pengantar Metodologi Research Sosial. Bandung: Penerbit Alumni. 2005.

Katz, Bernard. Komunikasi Bisnis Praktis. Penerjemah: Soeharsono.Jakarta: Pustaka Benaman Presindo. 1994.

Mulyana, Deddy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2003

Rosadi, Ruslan.Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012.

Rudito, Bambang & Famiola Malia. CSR (Corporate Social Responsibility). Cetakan Pertama. Jakarta: Penerbit Rekayasa Sains. 2013.

Rusdianto, Ujang,. CSR Communication, A Framwork For PR Practitioners. Cetakan Pertama. Yogjakarta: Penerbit Graha Ilmu. 2013.

Seitel, Fraser P. The Practice Of Public Relations. Colombus, Ohio: Charles E. Merril Publishing Company. 1992.

S.O.V, Ilona, 2016. Corporate Social Responibility, Dipandang Dari Perspektif Komunikasi Organisasi.

Soemirat Soleh; Ardianto, Elvinaro,. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya. 2010.

Sukatendel, Arko K. Public Redltions Perusahaan. Diktat. Bandung: Fikom Unpad.1990.

Solihin, I. Corporate Social Responsibility From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat. 2009

Suzanne Benn & Dianne Bolton.. Key Concepts In Corporate Social Responsibility. London: Sage Publication Ltd. 2011.

Toth, E.L. Public Relations Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika. 2010.

Urip, Sri. Strategi CSR, Tanggung Jawab Perusahaan Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan di Pasar Negara Berkembang. Cetakan 1. Tangerang Selatan: Lentera Hati, 2014




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.