KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI ANTAR BUDAYA PADA PESERTA DALAM PROGRAM PERTUKARAN PEMUDA INTERNASIONAL

Stefanie Stefanie, Kartika Aryani Harijono

Abstract


Program pertukaran pemuda menjadi salah satu program regular yang diselenggarakan oleh beberapa negara maju dan berkembang seperti Amerika, Kanada, Korea, Jepang, New Zealand, maupun organisasi yang beranggotakan berbagai negara seperti ASEAN. Program di bidang pendidikan dan budaya ini dijalin dengan tujuan untuk mempererat ikatan persahabatan dan menciptakan mutual understanding antar negara melalui para generasi muda.Saat para remaja ini terpilih dalam program pertukaran pelajar internasional, keterampilan komunikasi antar budaya merupakan satu hal yang penting untuk mereka miliki. Interaksi mereka tidak hanya terbatas pada satu atau dua budaya saja, namun budaya yang lebih heterogen sehingga banyak hal-hal yang mungkin tidak mereka prediksi sebelumnya.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keterampilan komunikasi antar budaya para peserta program pertukaran pemuda dalam ruang lingkup internasional. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat pada umumnya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN, khususnya dalam keterampilan berkomunikasi di kehidupan sosial dan budaya sehari-hari.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada dua informan yang ditunjang dengan studi dokumen.
Hasil penelitian ini merupakan cerminan realita kehidupan antar budaya yang seringkali kita temui. Ada banyak kendala yang ditemui dalam berkomunikasi antar budaya seperti perbedaan bahasa yang dimiliki oleh masing-masing pelaku komunikasi, cara pandang, kebiasaan, serta penggunaan komunikasi non verbal. Disamping itu, penelitian ini pun melihat pada konteks yang lebih luas di mana ketika para remaja tersebut bukan berada di negara asalnya, mereka mengalami culture shock, tantangan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang relatif baru dan masih asing, dengan misi yang diemban oleh para peserta tersebut dalam program pertukaran pemuda yang diikutinya.


Keywords


komunikasi antar budaya, kompetensi komunikasi antar budaya, pertukaran pelajar internasional

Full Text:

PDF

References


DeVito, Joseph A. 2009. Human Communication: The Basic Course. 11th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Griffin, Em. 2009. A First Look at Communication Theory. 7th ed. New York: McGraw-Hill.

Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). 2014. Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia: Jurnalisme Profesional dan Literasi Media. ISKI: Jakarta.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Littlejohn, Stephen W. dan Karen A. Foss. 2009. Encyclopedia of Communication Theory. California: SAGE Publications, Inc.

Martin, Judith dan Thomas Nakayama. 2008. Experiencing Intercultural Communication: An Introduction. 3rd ed. New York: McGraw-Hill.

Samovar, Larry A., Richard E. Porter, dan Edwin R. McDaniel. 2010. Komunikasi Lintas Budaya. Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

Sumber online:

http://dispora.jatimprov.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=151&Itemid=117 (diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/09/eJournal%20%20Friscila%20Febriyanti%20%2809-18-14-04-04-54%29.pdf(diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

http://kemenpora.go.id/index/preview/search/411 (diakses pada Sabtu, 2 Mei 2015)

http://kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id/uploaded_files/pdf/government_regulation/normal/ UU_4_1979.pdf (diakses pada hari Jumat, 1 Mei 2015 pukul 08.48 WIB).

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/24729/4/Chapter%20II.pdf (diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

http://www.asean.org/ (diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

http://www.kemdikbud.go.id/ (diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

http://www.sseaypinternational.org/ (diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

https://www.unila.ac.id/mahasiswa-unila-go-international/

(diakses pada hari Sabtu, 2 Mei 2015).

www.who.int/maternal_child_adolescent/topics/adolescence/dev/en/ (diakses pada hari Jumat, 1 Mei 2015 pukul 08.39 WIB).

http://tekno.liputan6.com/read/2197439/pengguna-internet-indonesia-didominasi-remaja-amp-wanita (diakses pada hari Jumat, 8 Mei 2015 pukul 09.46 WIB).




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i1.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.