ANALISIS SEMIOTIKA DESAIN COVER ALBUM BLACK MARKET LOVE DARI BAND SUPERMAN IS DEAD

Patrick Victor

Abstract


Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan masalah pada pemaknaan cover album dari band Superman Is Dead yang menggunakan analisis semiotika. Analisis semiotika adalah ilmu yang mengkaji tanda dalam kehidupan manusia. Artinya, semua yang hadir dalam kehidupan kita dapat dilihat sebagai tanda, yakni sesuatu yang harus kita beri makna.
Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Desain Cover Album Black Market Love dari band Superman Is Dead. Tujuan peneliti mengangkat judul tersebut Karena menurut peneliti album tersebut mempunyai sebuah konsep cover album yang cukup simpel namun kreatif sehingga mampu menarik perhatian khalayak sasarannya.Apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa Superman is Dead ini termasuk salah satu band punk yang menurut peneliti cukup beruntung karena mampu mensetarakan band nya,dengan band-band lain yang notebenenya bukan berasal dari genre yang sama,tapi mampu masuk dalam major label,dan menurut peneliti itu suatu pencapaian yang luar biasa.Karena biasanya band-band punk itu sangat susah untuk masuk dalam major label entah karena alasan apa,tapi disini Superman is Dead mampu mementahkan itu semua.
Dalam penelitian ini peneliti memakai model dari Roland Barthes, dengan teori Semiotika atau semiotika Roland Barthes yang mengacu pada Sausure dengan menyelidiki hubungan antara penanda dan petanda pada sebuah tanda. Hubungan penanda dan petanda ini bukanlah equality (menandakan kesamaan kedudukan), tetapi equivalen (hubungan atau korelasi). Bukannya yang satu kemudian membawa pada yang lain, tetapi korelasilah yang menyatukan keduanya.
Barthes dalam teori Semiotika menggunakan pemaknaan konotasi (pemaknaan oleh diri pembaca yang bersifat subjektif. Terjadi saat tanda bertemu dengan perasaan atau emosi pembacanya serta nilai-nilai kebudayaan) dan denotasi (makna yang paling nyata adanya hubungan antara petanda dengan penanda) dalam menghubungkan antara petanda dan penanda. Selain itu, Barthes juga melihat aspek lain dari penandaan yaitu mitos yang menandai suatu yang diyakini dalam suatu lingkup masyarakat. mitos menurut Barthes terletak pada tingkat kedua penandaan, jadi setelah terbentuk sistem tanda penanda-petanda, tanda tersebut akan menjadi penanda baru yang kemudian memiliki petanda kedua dan membentuk tanda baru.
Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme yaitu memandang ilmu sosial sebagai analisis sistematis terhadap socially meaningful action, melalui pengamatan langsung terhadap perilaku sosial dalam setting yang alamiah, agar mampu memahami dan menafsirkan bagaimana pelaku sosial yang bersangkutan menciptakan dan memelihara dunia sosial mereka
Dari uraian di atas maka peneliti menyimpulkan bahwa di mana pada intinya pesan yang hendak disampaikan melalui cover Black Market Love dapat ditangkap oleh siapa saja yang melihat cover dari album Black Market Love tersebut. Pesan yang hendak di sampaikan oleh Superman Is Dead melalui album Black Market Love adalah meskipun terkadang seseorang menjalani hidup dalam keadaan negative, yaitu di tengah kekerasan, pengaruh minuman keras, obat-obatan terlarang, namun orang tersebut harus memiliki prinsip dan tujuan untuk membahagiakan dirinya, serta orang-orang di sekelilingnya tanpa melupakan bahwa mereka memerlukan alam dan harus menjaga lingkungan disekitarnya, serta mengutamakan persahabatan dan menjunjung tinggi persaudaraan dalam menjalani hal-hal tersebut.


Keywords


Pemaknaan, Semiotika, Kemasan

Full Text:

PDF

References


Barthes, Roland. Mitologi, Pustaka Pelajar : Yogyakarta 2009

Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, Rajawali Press : Jakarta, 2000

Dharsono, Sony Kartika, Seni Rupa Modern, Rekayasa Sains : Bandung, 2004

Hamid, Farid. Semiotika Periklanan, Pusat Pengembangan Bahan Ajar : Bandung, 2012

Hoed. Benny H, Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya.Mustika : Depok, 2008

Jalaludin Rakhmat, Psikologi Komunikasi, Remaja Rosdakarya : Bandung, 2003

,Metode Penelitian Komunikasi cetakan ke : 9, ISBN : Jakarta, 2001

John Fiske, Cultural and Communication Studies, Jalasutra, Yogyakarta, 1990

Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan, Jakarta : Grafiti, 1995

Kusmiati, dkk, Teori Desain Komunikasi Visual, Djambatan, Jakarta, 1999

Kusrianto, Adi. Tipografi Komputer Untuk desain Grafis. Andi Jogyakarta : Yogyakarta, 2006

, Membedah Mitos Mitos Budaya Massa, Jalasutra, Pustaka Pelajar : Yogyakarta. 2007

Barthes, Roland, The Responsibility Of Forms, Critical Essay On Music, Art, Nad Representation, Cetakan ke Sembilan, Hill and Wang : Newyork, 2010.

Ruslan, Rosady. Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta, 2001.

Sachari, Agus. Paradigma Desain Indonesia, CV. Rajawali : Jakarta, 1986

Sihombing, Danton, Konsep Desain Grafis dalam Desain Publikasi, Majalah Cakram, Mei, 2004

,Tipografi Dalam Desain Grafis. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta, 2001

Strinati, Dominic, Popular Culture : Pengantar Menuju Teori Budaya Populer, Yogyakarta, JEJAK,2007.

Suwardjono, Aspek Tipografi Dalam Penulisan Karya Ilmiah/ Akademik/Profesional, Universitas Gajah Mada : Yogyakarta, 2008

Sobur, Alex .Semiotika Roland Barthes. Pradnya Utama : Bandung. 2011

,Semiotika Komunikasi.Bumi Aksara: Bandung, 2003

Widodo, Wahyu, Telaah Grafis dan Aplikasinya, Universitas Bhayangkara : Jakarta, 2003

Yasraf Amir Piliang, Hipersemiotika. Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna.Pustaka Pelajar : Yogyakarta. 2003

Website :

Artikel Superman Is Dead gambar 4.2

Http:http://agendakota.co.id/lokasi.php?loc_id=18&page=107

Artikel Superman Is Dead gambar 4.3

http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/ superman-is- dead- jadi- pemulung .html

Biografi dan Album Superman Is Dead

http://deathrockstar.info/superman-is-deads-newest-album-black-market-love/

Jenis jenis warna

http://informatika.web.id/teori-warna.htm

http://marisi-butarbutar.blogspot.com/2013/02/psikologi-arti-warna.html

Sejarah dan mitos tengkorak

http://yvcibc.wordpress.com/2013/07/23/makna-dibalik-penggunaan-gambar-tengkorak/




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.