STRATEGI PERIKLANAN DALAM PROMOSI PROGRAM BOLLYSTAR VAGANZA DI ANTV

Marissa Restiyanti

Abstract


Bolly Star Vaganza merupakan program andalan stasiun ANTV yang mengkombinasikan budaya India dan
Indonesia yang dikemas dalam bentuk tarian tarian khas India, lagu, dan mengadakan kontes nyanyi untuk
masyarakat yang ingin terkenal. Dikarenakan Bolly Star Vaganza sebagai program andalan ANTV, maka
dibutuhkan strategi periklanan yang tepat untuk mendapatkan klien (pengiklan) agar bersedia memasang iklan
di program Bolly Star Vaganza. Berdasarkan uraian tersebut, tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi
Promosi Program Bolly Star Vaganza Dalam Memasukan Iklan.
Paradigma yang digunakan dalam penelitian post-positivisme. Pendekatan penelitian kualitatif. Metode
penelitiannya studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan sebanyak dua orang. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan wawancara mendalam dan kajian pustaka. Teknik analisis data secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tujuan objektif mendapatkan pemasukan iklan sebanyak 50 iklan
produk. Kedua: target segmentasi : wanita, berusia 18 25 Tahun dan ibu rumah tangga berusia di atas 35 Tahun,
status sosial ekonomi B C+. Ketiga: strategi posisi, meyakinkan kepada klien (pengiklan) dengan memperlihatkan
hasil riset Band-IT pada Bulan Maret sampai April pada dua acara andalan ANTV diperbincangkan di Sosmed
Twitter sebanyak 41% untuk Bolly Star Vaganza dan 13% untuk The New Eat Bulaga dari seluruh total obrolan
acara-acara ANTV. Keempat: strategi apropriasi: setiap jenis iklan memiliki penawaran harga yang berbeda-beda.
Kelima: Strategi Media: memfokuskan pada media televisi. Keenam: strategi pesan: menawarkan tayangan iklan
prime time. Ketujuh: Key informan dan informan berkoordinasi dengan tim manajemen kreatif media ANTV dan
tim produksi di lapangan dalam mengatur tampilan iklan.


Keywords


strategi iklan, strategi promosi, iklan, ANTV, program Bolly Star Vaganza

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. (2010). Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.Ardianto, Elvinaro; Komala, Lukiati; dan Karlinah, Siti. (2007). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Belch, George E.; dan Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion: an integrated marketing communication perspective (6 ed.). New York: McGraw-Hill Higher Education.

Brannan, Tom. (2004). Integrated Marketing Communications: A practical guide to integrated marketing communications (Slamet, Trans. Poppy Herawati Ed.). Jakarta: Lembaga Manajemen PPM.

Devito, Joseph A. (1997). Komunikasi Antarmanusia (Agus Maulana, Trans.). Jakarta: Professional Books.

Effendy, Onong Uchjana. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasali, Rhenald. (1995). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia, . Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Khan, Matin. (2006). Consumer Behaviour and Advertising Management. Daryaganj, New Delhi: New Age International (P) Ltd.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran (11 ed.). Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip; dan Keller, Kevin Lane. (2008). Marketing Management (Benyamin Molan, Trans. Bambang Sarwiji Ed. 12 ed.). Jakarta: PT Indeks.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2012). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. (2001). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Soefijanto, Totok Amin; dan Idris, Ika Karlina. (2012). Integrated Marketing Communications: Komunikasi Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV Alfabeta.

Suprapto, Tommy. (2009). Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Tjiptono, Fandy. (2000). Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: CV ANDI.

West, Richard; dan Turner, Lynn H. (2009). Introducing Communication Theory: Analysis and Application (Maria Natalia Damayanti Maer, Trans. Nina Setyaningsih Ed. 3 ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho Publishing.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, . Jakarta: PT Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i2.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.