PERAN ETIKA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS

Susilawati Natawilaga

Abstract


Tujuan utama public relation adalah membina hubungan internal dan eksternal sebagai pelaksanaan salah satu fungsi manajemen, untuk membentuk kesamaan sudut pandang dan sikap dalam menghadapi kondisi, khususnya kondisi krisis.  Opini publik positif merupakan tujuan utama agar terbangun corporate image positif dengan dukungan publik yang positif pula bagi kelancaran program perusahaan. Kondisi krisis perlu disikapi dengan kesamaan sudut pandang dan sikap positif dengan mengacu kepada Kode Etik Public Relation maupun sikap-sikap positif yang sejalan.  Selain itu, untuk menghadapi potensi kondisi krisis selanjutnya, perlu diakselerasi kemampuan untuk melaksanakan tindakan reaktif berupa manajemen krisis yang holistic dan terintegratif, dan tindakan proaktif berupa pendekatan stress management, sensitivity analysis maupun predictive analysis.  Namun keberhasilan perbaikan dari sisi teknis perlu disertai pula dengan perbaikan paradigma, kompetensi maupun kesiapan seluruh jajaran perusahaan atas potensi kondisi krisis yang mengancam perusahaan


Keywords


Public Relations, Kondisi Krisis, Opini Publik, Manajemen Krisis

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bertens, Kess, 1994, Etika, Jakarta: Gramedia Bisnis Indonesia, edisi Januari 2000

Depdikbud, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka

Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 1997. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Susanto, Astrid. 1985. Komunikasi Sosial di Indonesia. Bandung: Bina Cipta.

Suseno, Franz Magnis, 1993, Etika Sosial, Jakarta: Gramedia

Tabroni, Roni. 2012. Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Van Peursen, C.A. 1990. Fakta, Nilai dan Peristiwa. Tentang Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan dan Nilai, diterjemahkan oleh A. Sonny Keraf, Jakarta, 1990

https://nasional.tempo.co/read/1080196/dpr-tetapkan-tumpahan-minyak-di-balikpapan-kejadian-luar-biasa

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/10/170400426/tumpahan-minyak-di-balikpapan-ditaksir-capai-40.000-barrel




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

  

 
 


WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]




Copyright (c) 2018 WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.