PERAN ETIKA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PUBLIC RELATIONS
Abstract
Tujuan utama public relation adalah membina hubungan internal dan eksternal sebagai pelaksanaan salah satu fungsi manajemen, untuk membentuk kesamaan sudut pandang dan sikap dalam menghadapi kondisi, khususnya kondisi krisis. Opini publik positif merupakan tujuan utama agar terbangun corporate image positif dengan dukungan publik yang positif pula bagi kelancaran program perusahaan. Kondisi krisis perlu disikapi dengan kesamaan sudut pandang dan sikap positif dengan mengacu kepada Kode Etik Public Relation maupun sikap-sikap positif yang sejalan. Selain itu, untuk menghadapi potensi kondisi krisis selanjutnya, perlu diakselerasi kemampuan untuk melaksanakan tindakan reaktif berupa manajemen krisis yang holistic dan terintegratif, dan tindakan proaktif berupa pendekatan stress management, sensitivity analysis maupun predictive analysis. Namun keberhasilan perbaikan dari sisi teknis perlu disertai pula dengan perbaikan paradigma, kompetensi maupun kesiapan seluruh jajaran perusahaan atas potensi kondisi krisis yang mengancam perusahaan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, dan Komunikasi Politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bertens, Kess, 1994, Etika, Jakarta: Gramedia Bisnis Indonesia, edisi Januari 2000
Depdikbud, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
Moleong, Lexy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. 1997. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Susanto, Astrid. 1985. Komunikasi Sosial di Indonesia. Bandung: Bina Cipta.
Suseno, Franz Magnis, 1993, Etika Sosial, Jakarta: Gramedia
Tabroni, Roni. 2012. Komunikasi Politik Pada Era Multimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Van Peursen, C.A. 1990. Fakta, Nilai dan Peristiwa. Tentang Hubungan Antara Ilmu Pengetahuan dan Nilai, diterjemahkan oleh A. Sonny Keraf, Jakarta, 1990
https://nasional.tempo.co/read/1080196/dpr-tetapkan-tumpahan-minyak-di-balikpapan-kejadian-luar-biasa
https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/10/170400426/tumpahan-minyak-di-balikpapan-ditaksir-capai-40.000-barrel
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.492
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.