STUDI DRAMATURGI PERILAKU KOMUNIKASI PARA AKTOR SENI DALAM GROUP REYOG OBYOK ONGGOLONO PONOROGO

Ayub Dwi Anggoro, Bambang Triono, Yusuf Adam Hilman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku komunikasiseorang pelaku seni Reyog obyok pada wilayah back stage dan fron stage (StudiDramaturgi Perilaku Komunikasi aktor seni Reyog obyok Onggolono. Untukmenjawab masalah diatas, maka diangkat sub fokus-sub fokus penelitian berikut:Perilaku komunikasi Panggung depan dan perilaku komunikasi panggungbelakang panggung belakang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif denganstudi dramaturgi, Obyek Penelitiannya Group Reyog Obyok OnggolonoPonorogo. Sedangkan subjek penelitiannya adalah Para Aktor Seni group ReyogObyog Onggolono yang berperan sebagai Warok, Jathil, Bujang Ganong, danKlono Suwandono. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam,observasi, dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan mereduksi data,mengumpulkan data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan evaluasi. Hasil dari penelitian menyimpulkanpemeran memainkan apa yang diperankan masingmasing sesuai dengan karakter yang ada dalam sejarah.

Keywords


Studi Dramaturgi, Perilaku Komunikasi, Pelaku Seni

Full Text:

PDF

References


Harsono, Jusuf dan Santoso, Slamet 2005, Dinamika Perubahan Struktur Sosial Para Warok Ponorogo Dalam Jurnal Fenomena Vol 2 no 1 Juli 2005, LPPM Unmuh Ponorogo.

Lisbijanto, Herry, 2013. Reog Ponorogo, Yogyakarta, Graha Ilmu

Mulyana, Deddy, 1999. Nuansa-Nuansa Komunikasi: Meneropong Politik dan Kebudayaan Komunikasi Masyarakat Kontemporer, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Moleong, Lexy J., 2002. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosda Karya.

Ridlo Kurnianto,1997, Dampak Kesenian Reyog Ponorogo Terhadap Jiwa Keagamaan Konco Reyog di Kabupaten Ponorogo.

Pramono,2004, Budaya Reyog dan Komunikasi Politik dan Kulturisasi Seni Budaya Reyog Dalam Praktek Politik di Ponorogo, Dalam Jurnal Fenomena Vol 1 no 2 Juli 2004, LPPM Unmuh Ponorogo

Jurnal Fenomena Unmuh Ponorogo Vol. 1 N0. 1 Januari 2004.

Jurnal Fenomena Unmuh ponorogo Vol. 2, no. 2 Juli 2005.

Jurnal Fenomena Unmuh Ponorogo, Vol. 6 No. 1 Januari 2009.

http://id.shvoong.com/social-sciences/sociology/2223950-pemikiran-dan-karya- Erving-goffman/#ixzz1rDYdEI6b, diakses pada tanggal kamis 2 April 2015, jam 13.25 Wib.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.