PENERAPAN ELABORATION LIKELIHOOD THEORY DALAM MEMPENGARUHI KONSUMEN PADA PEMILIHAN PRODUK TELEPON GENGGAM

Deddy Irwandy, Dewi Rachmawati

Abstract


Pesan pemasaran penting digunakan dalam iklan untuk mempromosikan produk telepon genggam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan elaboration likelihood theory dalam mempengaruhi konsumen pada pemilihan produk telepon genggam, dan bagaimana konsumen menerima, menyaring informasi dari pesan informasi yang disampaikan oleh produk? Teori Elaboration Likelihood yang dikembangkan Richard Petty dan John Cacioppo menjadi pijakan utama untuk menganalisa bagaimana pemikiran yang digunakan oleh konsumen dalam memilih produk telepon genggam. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Studi Literatur terhadap teori yang berkaitan dan pada konsumen yang aktif dalam memilih telepon genggam. Hasilnya menunjukkan bahwa pesan pemasaran yang diterima konsumen dalam memilih produk telepon genggam termotivasi untuk bertindak sesuai dengan yang menurut mereka benar karena pesan pemasaran. Jika terlalu banyak pesan pemasaran yang diterima, konsumen cenderung menyaring akan pesan-pesan tersebut. Konsumen lebih termotivasi untuk menyerap informasi yang benar atau menarik, dibandingkan dengan yang kurang penting atau bertentangan dengan kebutuhannya.


Keywords


Pesan pemasaran, konsumen, elaboration likelihood theory, telepon genggam

Full Text:

PDF

References


Asih, Irsanti Widuri. 2013. Penerapan The Elaboration Likelihood Model of Persuasion dalam Melihat Fenomena Konglomerasi Media di Politik Jelang Pemilu 2014. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/2337/1/irsanti_widuri_asih.pdf

Cross, M. 2011. Bloggerati, Twitterati: How Blogs and Twitter are Transforming Popular Culture. Santa Barbara, California: Praeger.

Griffin, E. A. 2009. A First Look at Communication Theory. New York: Mc Graw Hill.

Littlejohn, S. W & Foss, K.A. 2008. Theories of Human Communication. Belmont, CA :

Belch, G., & Michael, A. 1998. Advertising & Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Boston: Mc Graw-Hill, International Edition.

Marioarty, S.M. & Wells, W. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana

Nasrullah, Rulli D. M. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. 2001. Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar, Jakarta : Diedit Media.

Neuman, W. 2006. Social Research Methods Qualitative and Quantitative, Sixth Edition. America.

Putra, Ichsan Riandy, Husein Gozali. 2018. Pengaruh Iklan Untung Beliung BRI Britama di Televisi Terhadap Keputusan Konsumen dalam Menabung. WACANA Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Volume 17 No. 1, Juni 2018, hlm. 82 - 90

Schiffman, L.G & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior. New Jersey : Prentice Hall.

Sutojo, S. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Damar Mulia Pustaka

Tjiptono, F. (2002). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

https://www.idntimes.com/tech/gadget/dita-restuti/5-ponsel-terbaik-2018-layar-poni-iphone-x-c1c2/full

https://www.liputan6.com/tekno/read/3379318/antrean-pembeli-duo-samsung-galaxy-s9-di-central-park-mengular




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.