PUBLIC FIGURE SEBAGAI VIRTUAL OPINION LEADER DAN KEPERCAYAAN INFORMASI MASYARAKAT

Sigit Surahman

Abstract


Kehadiran instagram menjadi fenomena yang digandrungi masyarakat Indonesia, khususnya remaja. Instagram yang sifatnya virtual sering menjadi ajang pamer diri mulai unggahan aktivitas, foto, hingga video. Peneliti tertarik membahas fenomena virtual opinion leader di Instagram. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan studi masyarakat informatif. Subjek penelitian ini adalah Instagram Salman_al_jugjawy yang dimiliki oleh Sakti ex personil SheilaOn7. Akun ini mem-posting kata-kata nasihat, pengumuman kajian, dan juga kesehariannya. Hasil penelitian menunjukkan public figur mudah menjadi virtual  opinion leader dan informasinya dipercaya masyarakat. Peneliti menemukan yang menarik pada posting-an akun ini yang disukai dan ditonton rerata diatas 1500 pengikut, tidak menimbulkan kontroversi, provokasi, dan tidak ada komentar miring. Hasil penelitian menunjukkan “salman_al_jugjawy” layak dikatakan sebagai virtual opinion leader. Model Two Step Flow Communications berlangsung sesuai proses Adaptive Structuration Theory.

Keywords


Media Sosial, Virtual Opinion Leader, Informasi

Full Text:

PDF

References


McQuail, Denis. (2012). Teori Komunikasi Massa edisi 6 buku 1, Jakarta: Salemba Humanika.

Nasrullah, Rulli. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Arianti, Gusmiati. (2017). Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram dan Path. Jurnal Wacana Volume 16 No. 2, Desember, 183.

Arif, Moch. Choirul. (2012). Etnografi Virtual: Sebuah Kajian Metodologi Etnografi Virtual. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 2 No. 2, Oktober, 166-167.

Ridings, C., Gefen, D., & Arinze, B. (2002). Some antecedents and effects of trust in virtual communities. Journal of Strategic Information Systems, 11, 271-295.

Surahman, Sigit. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. Jurnal Rekam Volume 12 No. 1, April, 88.

Xiaofei Zhang & Dahai Dong. (2008). Ways of Identifying the Opinion Leaders in Virtual Communities. International Journal of Business and Management, Vol.3 No.7, 21-27

https://apjii.or.id/survei2017 diakses (2018) 20 Maret 2018 pukul 14:14




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i1.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

 



WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]