PEMASARAN MUSIK PADA ERA DIGITAL DIGITALISASI INDUSTRI MUSIK DALAM INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA

Gerry Wahyu Dewatara, Sari Monik Agustin

Abstract


Penelitian ini akan membahas bagaimana digitalisasi dalam industri musik mempunyai dampak pada pemasaran musik. Hal tersebut berdampak besar bagi para pelaku industri dalam hal pemasaran musik maupun konsumen dalam hal menikmati musik. Layanan streaming menjadi sesuatu yang sangat berpengaruh dalam era digital yang kita kenal industri 4.0. Industri musik tidak lagi dapat bergantung pada produk fisik dan konsumen pun kini lebih selektif dalam menikmati musik. .Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan strategi penelitian fenomenologi tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, seperti; perilaku, persepsi,motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Hasil penelitian ini adalah bagi konsumen adalah mudahnya pencarian musikdan pelaku industri sangat mendukung adanya digitalisasi dalam industri musik karena mempermudah dalam memasarkan musik mereka dan membantu melindungi kekayaan intelektual mereka karena mengurangi pembajakan.


Keywords


Revolusi Industri 4.0, Pemasaran, Musik

Full Text:

PDF

References


Anwika, M. Y. 2013. Peran Pelatih Program Pelatihan Keterampilan Bermusik Dalam Meningkatkan Motivasi Dari Kemandirian Musisi Jalanan. Perpustakaan: upi.edu. Bandung.

Brandle, L. 2014. Streaming Services Make In roads Into Piracy Down Under,Spotifys Will Page Tells Bigsound.

(Http://www.billboard.com/biz/articles/news/6244180/streaming- Services-make-inroadsintopiracy-down-under-spotifys-will-page).

Carr, N.G. 2003. IT Doesnt Matter Harvard Business Review, 81, 41-49

Chaffey, D & & Smith, PR. .2008. E-marketing : Excellence, UK: Butterworth-Heinemann

Cordes, F., & Stacey, N. 2017. Is UK Industry Ready for the Fourth Industrial Revolution? Boston, MA: The Boston Consulting Group

Creeber, G. and Martin, R.. 2009. Digital Cultures: Understanding New Media. Berkshire-England: Open University Press.

Dutton, H. W. 2014. Putting Things to Work: Social and Policy Challenges for the Internet of Things. Info, 16(3): 121.

Halonen-Akatwijuka, M. Regner, M. 2004. Digital Technology and the Allocation of Ownership in the Music Industry.

Jailani, MS. 2013. Ragam Penelitian Qualitative. Edu-Bio Jurnal. 1(4): 41-50

Kotler, P. 2012. Principles of Marketing. (Aus): Pearson Education Australia

Ku, R. 2002. The creative destruction of Copyright: Napster and the new economics of digital technology. The University of Chicago Law Review, 263-324

Lathrop, T. 2003. This business of music marketing & promotion. Revised &updated ed.

Lievrouw, L., Sonia, L. 2011 Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs. London: Sage Publications Ltd.

Littlejohn, S.W., Karen, A.F. 2009. Encyclopedia of Communication Theory.California: Sage publications

Mohammed, R. Fisher, R..J.Jaworski, B. Paddison,G. 2003. Internet Marketing Building Advantage in Networked Economy.

Mondry. 2008. Teori dan praktik Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Morissan. 2009. Manajemen Media Penyiaran:Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Prenada Media Group.

Morrar, R., Arman, H., & Mousa, S. 2017. The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): A Social Innovation Perspective. Technology Innovation Management Review,7(11): 1220.

O'Reilly, D., Larsen, G., & Kubacki, K..2013. Music, Markets and Consumption: Goodfellow Publishers,Limited.

Murphy,S.2015.Independent music Marketing in the digital age: an Examination of the decision Making Process and Key Issues Facing an Independent Singer-Songwriter Producing and Marketing an album (LP) in the Digital Age

Pride, W. M., Ferrell, O., Lukas, B. A., Schembri, S., & Niininen, O. 2014.Marketing Principles: Asia Pacific Edition: Cengage Learning

Ruben, D. B & Stewart. P. L. 2006. Communication and Human Behavior, Pearson

Schmitt, K. 2017. Top 5 Reasons Why I Industry 4.0 Is Real And I Important.

Simpson, S. 2006. Music business : Musician's guide to the Australian Music industry by top Australian lawyers and deal makers (3rd ed.). London ; Sydney: Omnibus Press.

Theodore,K,S. 2013. RocknRoll Industri Musik Indonesia: Dari Analog ke Digital.Jakarta: Kompas

Vermesan, O., Friess, P., Guillemin, P., &Sundmaeker, H. 2014. Internet of Things Strategic Research and Innovation Agenda. Research and Innovation to Market Deployment:7142. Gistrup, Denmark: Rivers Publishers.

Wikstrm, P. 2014. The music industry: Music in the cloud: Polity.

http://industri.bisnis.com/read/20161130/ 105/607764/industri-musik-digital-diprediksi-jadi-tren-2017

https://inet.detik.com/cyberlife/d-33659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-p penggila-medsos

https://www.antaranews.com/berita/653573/pembajakan-musik-terus-meningkat-ini penyebabnya




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.