REPRESENTASI KEMARAHAN TOKOH MINH QUAN DALAM FILM THE FOREIGNER

Skhavito Wicaksono Putra, Anisa Diniati

Abstract


Kemarahan merupakan emosi negatif yang dimiliki manusia. Kemarahan timbul karena perlakuan atau tindakan buruk yang orang lain lakukan kepada seseorang. Kemarahan digambarkan dalam film dengan representasi yang berbeda-beda.Salah satu film yang merepresentasikan kemarahan yaitu The Foreigner. Tujuan penelitian ini untuk melihat tahap kemarahan pada tokoh Minh Quan di film The Foreigner. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme, dengan metode analisis isi Segitiga Makna oleh Semiotika Charles Sanders Peirce (sign, object, interpretant) dan teori yang digunakan adalah teori Konstruksi Realitas Sosial di media massa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemarahan yang di representasikan dalam Film The Foreigner pada tokoh Minh Quan merupakan contoh kemarahan yang tidak terkontrol dengan baik. Kemarahan tersebut dilampiaskan kepada orang yang telah menyakitinya melalui cara bicara, gesture tubuh, hingga melakukan tindakan agresi berupa pesan ancaman, terror bomb dan membunuh.


Keywords


film, kemarahan, representasi, semiotika

Full Text:

PDF

References


Aditya, C. (2015). Berbagai Terapi Jitu Atasi Emosi Sehari-hari.Yogyakarta: FlashBooks.

Amda, K., & Fitriyani, R. (2016). Membaca Ekspresi Wajah Mengungkap Kepribadian Seseorang Dengan Membaca Wajah. Depok: Huta.

Berger, A. A. (2012). Media and Society: A Critical Perspective. Retrieved Agustus 2018, from Google Books.

Berkowitz, L. (2006). Emotional Behavior: Mengenali Perilaku dan Tindak Kekerasan di Lingkungan Sekitar Kita dan Cara Penanggulangannya. Jakarta Pusat: PPM, anggota Ikapi.

Box Office Mojo, (2017, October 13). The Foreigner (2017), Retrieved November. 12, 2018, from: https://www.boxofficemojo.com/movies/?id=theforeigner.htm

Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: (Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi, Dan Keputusan Konsumen Serta Kritik TerhadapPeter L. Berger & Thomas Luckmann), Cetakan pertama. Jakarta: Kencana.

Bungin, B.(2013). Sosiologi Komunikasi Teori Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Diniati, A & Pratiwi. (2017). Analisis Semiotika Citra Polisi dalam Film Pendek Joni Sok Jagoan Di Youtube. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(1), 91-104.

Eskawati, D. (2015). Pintar Membaca Watak & Pikiran Orang Lain (cukup satu kedipan). Yogyakarta: Notebook.

Fachruddin, A. (2012). Dasar-dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Jakarta: Kencana.

Hanani, S. (2017). Komunikasi Antarpribadi Teori dan Praktik. Yogyakarta: AR RUZZ MEDIA.

IMDb. (2017, October 13). The Foreigner (2017). Retrieved November 12, 2018, from: https://www.imdb.com/title/tt1615160/fullcredits?ref=ttql1

IMDb. (n.d.).The Foreigner (2017). Retrieved November 12, 2018, from:https://www.imdb.com/title/tt1615160/plotsummary?ref=ttqlstry3syn opsis.

Karima, S., & Christin, M. (2015). Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce atas Presentasi Kekerasan dalam Serial Film Kartun Little Krishna Episode 5 September 2014. e-Proceeding of Management, 2237 - 2243.

KBBI. (n.d). Pengertian Marah. Retrieved December 30, 2018, from https://kbbi.web.id/marah

KBBI. (n.d). Pengertian Uang. Retrieved December 30, 2018, from https://kbbi.web.id/uang

Lubis, N. L. (2009). Depresi: Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho, E. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: Andi Offset.

Prawitasari, J. E. (1995). Mengenal Emosi Melalui Komunikasi Non Verbal. Buletin Psikologi , 27-40.

Ramdani, Z. P. (2015). Gesture Mengungkap Makna Dibalik Bahasa Tubuh Orang Lain Dari Mikroekspresi Hingga Makroekspresi. Klaten: PT. HAFAMIRA.

Safaria, T., & Saputra, N. E. (2012). Manajemen Emosi (Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, E. (2018). Pintar Mengenali Bahasa Wajah dan Tubuh Orang. Yogyakarta: Laksana.

Toni, A., & Rafki. (2017). Studi Semitoka Pierce pada Film Dokumenter The Look of Silence: Senyap. Jurnal komunikasi, 11(2), April 2017.

Vera, N. (2014). Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Vidrayani, T. N. (2007). Representasi Kecantikan Dalam Iklan Kosmetik The Face Shop. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA , 83-97.

Wibisono. (2018). Satu Menit Baca Bahasa Tubuh Orang Lain. Yogyakarta: Checklist.

Wisnuwardhani, Dian S. F. (2012). Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.