PERAN MEDIA MASSA SEBAGAI PENDUKUNG CITRA ORGANISASI
Abstract
Setiap organisasi khususnya organisasi pemerintah tentu memiliki tugas strategis dalam membantu kelancaran roda pemerintahan dan mendukung terwujudnya good government . Tugas-tugas yang terkait dengan pemberian pelayanan dan mengutamakan kepentingan masyarakat. Masyarakat maupun organisasi pemerintah merupakan unsur-unsur yang saling memerlukan, keduanya memiliki ketergantungan. Tanpa adanya masyarakat, organisasi tidak akan terbentuk. Eksistensi suatu organisasipun ditentukan oleh sejauh mana masyarakat memandang atau menilai organisasi tersebut. Oleh karena itu, kedudukan organisasi pemerintah tidak terlepas dari kepentingan masyarakat dan citra organisasi dimata masyarakat merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan mengenai peran media massa dalam mendukung terbentuknya citra organisasi melalui penulisan judul berita dan mengemas informasi kepada masyarakat di media cetak maupun media daring (online). Konsep yang digunakan sebagai dasar kajian adalah identitas organisasi (corporate identity) dan citra organisasi (corporate image).Metode penelitian menggunakan studi literatur dan analisis teks framing, dengan pilihan pemberitaan mengenai organisasi pemerintah pada harian Media Indonesia. Manfaat dari hasil kajian ini juga memperlihatkan adanya peran penting media massa sebagai pendukung pembentukkan citra dan perlunya organisasi menyusun pemikiran strategis dalam pembentukan citra organisasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cutlip, Scoot M; Center, Allen H; Broom, Glen M. 2011. Effective Public Relations (edisi Kesembilan).
McQuail, Denis. Mass Communication Theory, 4th Ed, Sage Publication. London.
Morissan. 2014. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2004.
Price, Vincent dan Donald F. Roberts, Public Opinion Process, dalam Cutlip, Scoot M; Center, Allen H; Broom, Glen M. Effective Public Relations (edisi Kesembilan). Jakarta: Kencana. 2011.
Suhandang, Kustadi. Pengantar Jurnalistik seputar Organisasi, produk, dan Kode Etik. Bandung: Penerbit Nuansa. 2004.
Sutisna. Perilaku konsumen & komunikasi pemasaran (edisi ke-3). Bandung: Remaja Rosdakarya. 2001
Schramm,W dan D.F. Roberts. The process and Effects of Mass Communication. Urbana: University of Illionis Press dalam Jalaluddin Rakhmat. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya: Bandung. 2015.
http://www.businessdictionary.com/definition/corporate-image.html
Kamus Besar Bahasa Indonesia (daring) http://kbbi.web.id akses 1 Maret 2017
Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 15. 1991. Jakarta: PT. Cipta Adi Pustaka, hal. 431
Chaffee, Steven H. and Donna G. Wilson, Media Rich, media Poor: Two Studies of Diversity in Agenda Holding, Journalism Quaterly 1977 . (daring). www.aejmc.org/home/wp-content/.../Journalism-Quarterly-1977-Chaffee-466-76.pdf - akses 9 Maret 2017
Cheney,G.,& Vibbert,S.L. (1987). Corporate Discourse:Public Relations and Issue Management pada A Theory of Organizational Image Management: Antecedents, Processes & Outcomes Joseph Eric Massey, Ph.D. Paper presented at the International Academy of Business Disciplines Annual Conference, held in Orlando, April, 2003. (online) www.citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi akses 20 Februari 2017
Hatch, M. J. & Schultz, M. (1997). Relations between organizational culture, identity and image. European Journal of Marketing, 31(5), pp. 356-365 pada A Theory of Organizational Image Management: Antecedents, Processes & Outcomes Joseph Eric Massey, Ph.D. Paper presented at the International Academy of Business Disciplines Annual Conference, held in Orlando, April, 2003 di citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi akses 20 Februari 2017
Robert M. Entman, Framing: Toward Clarification of a Fractured Paradigm, Journal of Communication, Volume 43, Issue 4 December 1993 Pages 5158
Siune, Karen dan Ole Borre, Setting the Agenda for a Danish Election, Journal of Communication 25, 1975, hal. 65-73 , http//www.onlinelibrary.wiley.com
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.9
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.