PARTISIPASI WARGANET DALAM MENGIDENTIFIKASI KOMUNIKASI INTELEKTUAL NARASUMBER POLITIK TERKAIT PERKEMBANGAN HASIL PEMILU 2019

Dinar Soelistyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk komunikasi intelektual yang dinyatakan oleh narasumber politik terkait dengan perkembangan hasil Pemilu 2019. Pembahasan dalam penelitian ini meliputi gambaran umum mengenai euforia Pemilu 2019 yang berlanjut pada posisi komunikasi politik sebagai bagian dari intelektualitas narasumber politik, kemunculan media sosial dan jejaring sosial sebagai mediator baru warganet millenial, serta pengaruh warganet sebagai pengamat narasumber politik dalam membahas hasil perkembangan pemilu 2019. Pembahasan ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan perpaduan antara teori semiotika dengan teori interaksionisme simbolik yang merupakan bagian dari paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi intelektual yang dibentuk oleh para narasumber politik terkait dengan perkembangan hasil Pemilu 2019 mampu berfungsi sebagai pemicu warganet untuk ikut berpartisipasi dengan menjadi bagian dari masyarakat yang melek informasi secara digital, juga mampu mengikuti dan menanti hasil dari perkembangan Pemilu 2019 demi terciptanya bangsa Indonesia yang lebih baik.

Keywords


Komunikasi Intelektual, Narasumber Politik, Warganet, Perkembangan Hasil Pemilu 2019

Full Text:

PDF

References


APJII. (2018, March 22). Cerita di Balik Kesuksesan Pemerintah Tarif Pajak Google. Pengguna Gen Millenial Lebih Suka Snapchat dan Instagram Ketimbang Facebook, hal. 6.

Blumer, H. (1969). Symbolic Interactionism: Perspective and Method. London: University of California Press.

Cangara, H. (2016). Komunikasi Politik : Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017). Strategi Kampanye Politik Pasangan Jokowi-JK pada Pemilihan Presiden 2014. Wacana, 279-290.

David, E. M. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna.

Fachrudin, A. (2019, January 02). Media Massa dan Pemilu 2019. Dipetik Julu 31, 2019, dari akurat.co: https://akurat.co/news/id-461469-read-media-massa-dan-pemilu-2019

Handy. (2019, July 15). Identifikasi Responden terhadap Perbandingan antara Debat Pilpres 2014 dengan Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Handy. (2019, Juli 15). Intensitas dan Pemahaman Responden terhadap Kondisi Politik di Indonesia. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Handy. (2019, July 15). Prediksi Responden terhadap Hasil Akhir Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Ibnu. (2019, July 17). Analisis Kecakapan Komunikasi Pasangan Calon dalam Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Juditha, C. (2011, Juni). Hubungan Penggunaan Situs jejaring Sosial Facebook terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar. IPTEK-KOM, XIII(1).

Keyes, J. (2013, December 5). 12 Intellectual Indicators. Dipetik November 21, 2019, dari Prezi: https://prezi.com/m/edw5bj2pfjc1/12-intellectual-indicators/

Klapper, J. T. (1963). Mass Communication Research : An Old Road Resurveyed. Public Opinion Quarterly, 515-527.

Littlejohn, S. W. (1996). Theories of Human Communiication (5th ed.). New York: Wadworth.

Littlejohn, S. W. (1999). Theories of Human Communication (6th ed.). Albuquerque: Wadworth Publishing.

Littlejohn, S. W. (2005). Theories of Human Communication (8th ed.). Albuquerque: Wadworth Publishing.

Maulana, A. A. (2019, July 14). Analisis Kemampuan Komunikasi Pasangan Calon dalam Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Maulana, A. A. (2019, July 14). Analisis Responden terhadap Netralitas Stasiun Televisi Terkait Pemberitaan Seputar Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Maulana, A. A. (2019, July 14). Identifikasi Responden terhadap Perbandingan antara Debat Pilpres 2014 dengan Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

McNair, B. (2003). An Introduction to Political Communication. New York: Routledge.

Morissan, Wardani, A. C., & Hamid, F. (2013). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia.

Mulyadi. (2019, July 15). Analisis Kecakapan Komunikasi Pasangan Calon dalam Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Mulyadi. (2019, July 14). Intensitas dan Pemahaman Responden terhadap Perkembangan Kondisi Politik di Indonesia. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Mustaqim, M. F. (2019, October 19). Opini Pilihan. Dipetik November 20, 2019, dari GeoTimes: http://geotimes.co.id/op-ed/anti-intelektualisme-semakin-merebak-di-ruang-publik/

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Powers, J. D. (1995). On the Intellectual Structure of the Human Communication Discipline. Communication Education, 191-222.

Powers, J. H. (1995). Communication Education 4 - On the Intellectual Structure of the Human Communication Discipline.

Rubin, A. M. (1994). Media Effects : A Uses and Gratifications Perspectives.

Santoso, E., & Setiansah, M. (2010). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar, N. S. (2011, October). Kajian tentang Interaksionisme Simbolik. Perspektif, 4(2), 100-110.

Sobur, A. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiantoro, H. (2011, May 23). Intelek, Intelektual, Ulil Albab... Dipetik 11 20, 2019, dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/ahmadelpena/5500d0bda333113e095109f3/intelek-intelektual-ulil-albab

Suryanto. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi Politik. Bandung: Pustaka Setia.

Susanto, I. (2019, July 17). Analisis Responden terhadap Netralitas Stasiun Televisi Terkait Pemberitaan Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Susanto, I. (2019, July 17). Prediksi Responden terhadap Hasil Akhir Debat Pilpres 2019. (D. Soelistyowati, Pewawancara)

Suzuki, K. (2007). resume. Dipetik 08 10, 2019, dari gsis.kumamoto-u.ac.jp: www.gsis.kumamoto-u.ac.jp/ksuzuki/resume/addresses/a30727.pdf

Vardiansyah, D. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks.

Wardaningtias, A. T. (2018, February 3). Politik. Dipetik November 20, 2019, dari Kompasiana: http://www.kompasiana.com/baligh/5a75730bab12ae3ca0257af3/kaum-intelektual-sebagai-sapu-bersih-dalam-dunia-politik

West, R., & Turner, L. H. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Wiendijarti, I. (2008). Pengaruh Kredibilitas Narasumber Berita Politik terhadap Internalisasi Nilai Berita Politik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 33-41.

Woolley, J. K., Limperos, A. M., & Oliver, M. B. (2010). The 2008 Presidential Election, 2.0 : A Content Analysis of User-Generated Political Facebook Groups. Journal Mass Communication and Society, XIII.

Zarefsky, D. (1993). Presidential's Column: Does Intellectual Diversity Serve Us Well? Spectra, 2-3.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.