PELUANG PENGINTEGRASIAN DISKURSUS LITERASI MEDIA SEBAGAI MUATAN LOKAL PADA KURIKULUM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Ita Musfirowati Hanika, Ilham Ayatullah Syamtar

Abstract


Migrasi besar-besaran masyarakat dalam penggunaan media baru nyatanya berdampak cukup signifikan terhadap timbulnya beberapa gejala sosial terutama pada anak-anak usia sekolah. Media baru memiliki sisi positif jika digunakan secara bijak namun akan berdampak destruktif jika penggunanya tidak teredukasi dengan baik. Sebagai salah satu pendidikan formal, sekolah menjadi institusi yang bertanggung jawab terhadap perubahan perilaku anak termasuk salah satunya mengedukasi anak-anak untuk menggunakan media baru secara bijak. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi, peluang, dan hambatan dari diskursus pendidikan literasi media digital bagi peserta didik maupun tenaga pendidik di sekolah tingkat dasar. Menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini menggunakan Teori Belajar Sosial Bandura untuk menganalisa jawaban dari sejumlah guru dan siswa di Jakarta yang menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diskursus literasi media digital telah sampai menjadi penting untuk diintegrasikan kedalam kurikulum Pendidikan dengan memanfaatkan peluang yang cukup besar dan penyesuaian terhadap regulasi yang ada.


Keywords


Efek Media Baru, Literasi Media Digital, Teori Belajar Sosial

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs. NJ: Prentice Hall

Bermudez, Juan Pablo. (2016). Social Media and Self-Control: The Vices and Virtues of Attention. Externado University of Colombia. Diakses melalui: https://www.researchgate.net/publication/332750164_Self-Censorship

Damarjati, Dani. (2019, Januari 5). Benarkah Minat Baca Orang Indonesia Serendah Ini?. Detik.com. Diakses melalui: https://news.detik.com/berita/d-4371993/benarkah-minat-baca-orang-indonesia-serendah-ini

Elia, Stephani. (2017, Oktober 4). 41 Persen Remaja Indonesia Pernah Alami Cyber- Bullying. Kumparan.com. Diakses melalui: https://kumparan.com/@kumparanstyle/41-persen-remaja indonesia-pernah alami-cyberbullying

Guntarto, B. (2016). Tantangan dalam Kegiatan Literasi Media di Indonesia. Jurnal UltimaComm, 8(1), 1-36. Diakses melalui: https://www.researchgate.net/publication/336835482_Tantangan_dalam_Kegiatan_Literasi_Media_di_Indonesia.

Hamzah, Radja Erland. (2015). Pengunaan Media Sosial Di Kampus dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45-70. Diakses melalui: http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/89/43

Hardanti, H. A. et al. (2013). Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Perilaku Adiksi Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah. Vol. 1 Universitas Padjadjaran.

McLuhan, Marshall & Lapham, L.H. 1964. Understanding Media : The Extensions of Man. MIT Press.

Mulyono, H & Halim, N. (2015). Literasi Informasi dan Kritis: Urgensi, Perspektif Islam, dan Integrasi. Jurnal Tarbiyah, vol. XXII no.2 Juli-Desember 2015. Diakses melalui :https://www.researchgate.net/publication/311495059_LITERASI_INFORMASI_DAN_KRITIS_Urgensi_Perspektif_Islam_dan_Integrasi_dalam_Kurikulum_Pendidikan

Poskotanews. (2019, April 6). Melalui Internet, Sepanjang 2018 ada 2.536 Kasus Paparan Pornografi pada Anak. Poskotanews.com. Diakses melalui: http://poskotanews.com/2019/02/17/melalui-internet-sepanjang-2018-ada-2-536- kasus-paparan-pornografi-pada-anak/

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia. Diakses melalui: https://core.ac.uk/download/pdf/80816930.pdf

Rudiantara. (2016, Desember 29). Ada 800 Ribu Situs Penyebar Hoax di Indonesia. CNN Indonesia. Diakses melalui: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20161229170130-185-182956/ada 800-ribu-situs-penyebar-hoax-di-indonesia

Schunk, H. Dale. 2012. Learning Theories: an Educational Perspective. Jakarta: Pustaka Pelajar

Setyowati, Retno Manuhoro. (2013). Memahami Pengalaman Literasi Media Guru PAUD Studi Kasus pada Gugus Matahari Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 2, no 1, pp. 22-29, Jan. 2013. DOI : https://doi.org/10.14710/interaksi.2.1.22-29

Straubhaar, J. 2012. Media Now. Boston: Wadsworth.

Suwarto, Dyna Herlina. 2018. Gerakan Literasi Media di Indonesia. Yogyakarta: Rumah Sinema.

Syamtar, I. A., & Kusuma, K. L. A. (2019). Literasi Media: Upaya Reformasi untuk bahtera yang Usang. Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pertamina, Jakarta.

Widianingrum, D.L. & Ho, H.C. (2015). Felder-Silverman Learning Style Model and The Relationship with Academic Performance. ANIMA Indonesian Phsycologhical Journal. DOI: https://doi.org/10.24123/aipj.v30i2.538




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.