PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO

Swita Amallia Hapsari, Heri Pamungkas

Abstract


Saat ini, literasi internet menjadi peran yang sangat penting untuk dikembangkan dalam kehidupan dasar kita. Oleh karena itu, sektor pendidikan perlu menggunakan teknologi informasi dalam proses pembelajaran di kampus. Google Classroom, adalah salahsatu akses gratis yang memudahkan dosen dalam proses e-learning. Lebih jauh, platform ini menawarkan banyak sekali keuntungan bagi penggunanya. Selain itu, platform ini dikenal sebagai alat yang mudah digunakan oleh pengguna smartphone atau laptop, serta mampu menciptakan peluang yang sama bagi semua siswa dan mendorong siswa untuk belajar lebih banyak tentang literasi internet. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif, dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus untuk menemukan pemanfaatan Google Classroom oleh dosen Universitas Dian Nuswantoro khususnya di departemen Ilmu Komunikasi, pada kelas Pengolahan Konten Digital. Peran media baru di sektor pendidikan ini menghasilkan proses yang begitu mudah untuk dilakukan dan menunjukan bahwa hasil penyelesaiannya membutuhkan program pembelajaran campuran atau blended Learning dalam berkomunikasi yang baik di era digital.

Keywords


Google Classroom, Media Baru, Literasi Media Internet

Full Text:

PDF

References


Anggraini, S. (2016). Budaya Literasi Dalam Komunikasi. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 181279. Retrieved from http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/51

Baran, Stanley. (2011). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Empat

D,Croteau & W, Hoynes. (2013). Media/Society: Industries, Images and Audience, Sage Publications.

D, Croteau. (1991). A transitional teaching experience : learning groups and the first time teacher. American Sosiological Associations.

Green, Leila. (2010). The Internet: An Introduction to the New Media.

Griffin, Emory A. (2003). A First Look at Communication Theory, 5th Edition, New York: McGraw-Hill.

JW, Crewell. (2015). Qualitative Inquary & Research Design : Choosing Among Five Approaches, 5th Edition, SAGE

Kurniawati, J., Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 5166. Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/2069

Kurnia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator, 6(2), 291296. Retrieved from http://mediator.fikom.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/272

Lister, Martin. (2009). New Media Second Edition. New York:Routledge

McLuhan, Marshall. (1994). Understanding Media: The Extension of Man. London: The MIT Press

Mc Quail, Denis. (2006). Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Alih bahasa oleh Agus Dharma dan Aminudin Ram. Jakarta: Erlangga.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenadamedia.

Nasrullah, Rulli. (2016). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rianto, Puji. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi, 02(01), 9096. https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.108

Sabran, & Sabara, E. (2014). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual, 122125.

Surahman, S. (2016). Determinisme Teknologi Komunikasi dan Globalisasi Media Terhadap Seni Budaya Indonesia. Jurnal Rekam, 12(1), 3142. Retrieved from http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/viewFile/51/29

Sutrisna, D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Mahasiswa Menggunakan Google Classroom. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 6978. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544

Tamburaka, Apriadi. 2013. Literasi Media. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.