Iklim Komunikasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja pada Pegawai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan XYZ

Riviani E. Prapti, Poppy Ruliana, Megandaru W. Kawuryan, Niken F. Ernungtyas

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklim komunikasi dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. Teori komunikasi yang digunakan adalah iklim komunikasi dari Redding dengan dimensi: dukungan sekitar, keikutsertaan bawahan, adanya kejujuran dan keterbukaan. Gaya kepemimpinan dari Bass dan Avolio juga digunakan dengan dimensi: pengaruh ideal, motivasi inspirasi, stimulasi intelektual dan konsiderasi individu, serta kinerja dari Mitchell dengan dimensi: kemampuan komunikasi, berdasarkan standar operasional prosedur (SOP), inisiatif dan kapabilitas. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei untuk mendapatkan informasi atau data yang berkaitan dengan gaya kepemimpinan terhadap kinerja pegawai. Populasi penelitian adalah seluruh 154 sebagai dosen tetap di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan XYZ. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dengan kriteria lama bekerja minimal satu tahun, berpendidikan magister dan dosen tetap, sehingga diperoleh 50 orang pegawai sebagai responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, observasi, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi serta laman website. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan iklim komunikai dan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh kuat terhadap kinerja pegawai XYZ.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fauzi, & Sarwititi, S. (2014). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Aparatur di Pemerintahan Desa. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 124134.

Ardelia, S., & Kasmiruddin. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai PT Pertamina (Persero) UP II Sungai Pakning. Jurnal FISIP, 2(2).

Bass, Avolio, Bebb, & Waldman. (2013). Transformational Leadership. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Fadilah Nur, Adelin Walandouw, Herry Moelyono. (2014). Iklim Komunikasi organisasi dalam Meningkatkan kinerja Karyawan di Perusahaan Manado Post. Journal Acta Diurna. Vol. 3(2).

David. (2015). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Guzley. (2012). Organizational Climate and Communication Climate: Predosctors of Commitment to the Organization. Journal of Management Commnunication Quarterly, 5(4), 379402.

Ivancevich. (2010). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Judge, Thoresen, Bono, & Patton. (2010). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Maknur, J., & Wahyuningsih, D. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Neuronworks Indonesia Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(3).

Mangkunegara. (2010). Evaluasi Kerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Noordin. (2010). Organizational Climate and Its Influence on Organizational Commitment. International Business & Economics Research Journal, 9(2), 18.

Nurhakim. (2018). Iklim Organisasi dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai UNSYIAH. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14(2), 350367.

Pace, & Faules. (2013). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Robbins. (2015). Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Thoha. (2010). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Winardiani, M. A. (2015). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi dan Tingkat Kepuasan Kerja terhadap Tingkat Kinerja Pegawai Pasca Merger di PT. Tumbakmas Niagasakti Cabang Semarang. Jurnal Interaksi, 4(2), 117 122.




DOI: https://doi.org/10.32509/jhm.v2i2.1031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :