Peran Heroik Prof. Dr. Moestopo dalam Film Animasi Battle of Surabaya

Rizki Okta Vianto, Muhammad Saifulloh

Abstract


Film merupakan media komunikasi massa yang efektif dalam menyampaikan suatu pesan kepada khalayak luas. Film menghadirkan visual bergerak serta didukung sehingga pesan yang disampaikan dapat berupa alur cerita yang menarik dan mudah diterima dengan baik oleh khalayak. Film Battle of Surabaya diadaptasi dari kisah perjuangan rakyat Surabaya serta para tokoh pahlawan nasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran heroik Prof. Dr. Moestopo dalam film animasi Battle of Surabaya. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang terdiri dari representamen, object, dan interpretant dengan paradigma kontruktivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran heroik Prof. Dr. Moestopo dalam film Battle of Surabaya, keterlibatan secara langsung maupun tidak langsung dalam peristiwa pertempuran Surabaya. Adapun dengan tiga unsur tanda semiotika Charles Sanders Peirce yakni representamen menggambarkan adegan peran heroik Prof. Dr. Moestopo pada film Battle of Surabaya, object mendeskripsikan adegan pada peran heroik Prof. Dr. Moestopo, dan interpretant menafsirkan suatu makna pada gambar dan deskripsi yang mengadegankan peran heroik Prof. Dr. Moestopo dalam film Battle of Surabaya.


Keywords


film animasi, battle of surabaya, semiotika, charles sanders peirce, prof. dr. moestopo

Full Text:

PDF

References


Alwi, Des. 2012. Pertempuran Surabaya November 1945 Catatan Julius Pour: Mallaby Dibunuh atau Terbunuh ? Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Azirah, Nur, dan Muhammad Irfan. 2020. “Semangat ‘heroik dan kepemimpinan’ Arung Palakka.” Simpatokkong 1(1):12–19.

Binekasri, Romys. 2014. “Analisis semiotika homoseksual pria pada film arisan 2.” Jurnal Wacana XIII(2):90–108.

Oktavianti, Dhini. 2012. “Persepsi khalayak terhadap isi pesan dalam tayangan film animasi upin dan ipin di MNC TV.” Wacana XI(2):100–110.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi Komunikasi. 24 ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, Ayu Widi, I. Gede Partha Sindu, dan Ketut Agustini. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2 Dimensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X.” Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (Karmapati) 10(2):100. doi: 10.23887/karmapati.v10i2.31525.

Setyawan, Ady. 2020. Kronik Pertempuran Surabaya: Media Asing dan Historiografi Indonesia. Yogyakarta: Matapadi Pressindo.

Sobur, Alex. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yuwita, Nurma. 2018. “Representasi Nasionalisme Dalam Film Rudy Habibie (Study Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).” Jurnal Heritage 6(1):1689–99.




DOI: https://doi.org/10.32509/petanda.v6i1.3754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     


Recommended Tools :