Peningkatan Kompetensi Komunikasi Publik Aparatur Desa dalam Membangun dan Mengokohkan Reputasi Pemerintahan Desa

Feliza Zubair, Ade Kadarisman, Retasari Dewi

Abstract


Staff desa adalah kepanjangan tangan dari pemerintah di tingkat desa, tugasnya sebagai pelayan masyarakat yang menjembatani komunikasi antara keduanya. Keterampilan komunikasi publik yang baik perlu dimiliki oleh setiap staff pemerintah agar kebijakan pemerintah dipahami dan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat. Tujuan dari peningkatan kompetensi komunikasi publik bagi staff Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang, adalah memberikan pengetahuan dasar komunikasi dan pemanfaatan media komunikasi untuk komunikasi publik dalam upaya meningkatkan reputasi dan citra Pemerintah Desa Cikeruh. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah survei, pelatihan komunikasi publik, dan pendampingan pembuatan video profil desa. Hasil kegiatan ini memperlihatkan bahwa pengetahuan peserta mengenai ilmu komunikasi publik bertambah, peserta menyadari pentingnya strategi komunikasi dan penggunaan media yang tepat untuk mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah dan peserta akan mencoba menggunakan teknik komunikasi dalam tugasnya sebagai staff desa.

Full Text:

PDF

References


Dijkzeul, D., & Markus, M. (2005). Public Communication Strategies of International Humanitarian Organizations.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2017). Buku Saku Dana Desa: Dana Desa untuk Kesejahteraan Rakyat. Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Pearson, J. C., Nelson, P. E., Titsworth, S., & Harter, L. (2008). Human Communication. New York: McGraw Hill Higher Education.

Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Srisadono, W. (2018). Komunikasi Publik Calon Gubernur Provinsi JawaBarat 2018. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(2).

Teguh, I. (2019, Maret 25). Tirto.id. Retrieved from Tirto: https://tirto.id/sejarah-bedil-cikeruh-penumpas-ditii-bertahan-hingga-zaman-kiwari-dkcP

Warta Bromo . (2018, Mei 7). Beranda/ Peristiwa. Retrieved from wartabromo.com: https://www.wartabromo.com/2018/05/07/tak-kembalikan-dana-ptsl-kepala-desa-sokaan-didemo-warga/

Yunibar. (2018, Desember 15). Daerah/ Jateng/ Detail Berita. Retrieved from inews.com: https://www.inews.id/daerah/jateng/diduga-pungli-dana-prona-kades-di-brebes-didemo-warga/398404.




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v3i2.1021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id