Sosialiasi Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Hulu Bantaran Sungai Citarum

Ikhsan Fuady, Ditha Prasanti, Sri Seti Indriani

Abstract


Pencemaran aliran sungai citarum, memiliki dampak terhadap kesehatan masayarakat yang tinggal di bantaran Sungai Citarum. Pemahaman dan sikap masyarakat tentang pola hidup sehat pada masyarakat yang terkategori rendah, memiliki konsekuensi atau dampak terhadap kesehatan masyarakat. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan peningkatan pengetahuan dan sikap masyarakat tentang pola hidup bersih dan sehat di bantaran Sungai Citarum. Metode yang dilakukan pada pengabdian ini adalah penyuluhan dan dalam diskusi. Informasi merupakan salah satu dari kekuatan yang dapat mempengaruhi sebuah persepsi, sistem kepercayaan atau sikap individu. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa pengetahuan dan sikap masyarakat di bantaran Sungai Citarum dalam perilaku hidup dan sehat meningkat dengan kegiatan sosialisasi ataupun edukasi.


Full Text:

PDF

References


Cahyaningsih, A., & Harsoyo, B. (2010). Distribusi Spasial Tingkat Pencemaran Air. Sains & Teknologi Modifikasi Cuaca, Vol. 11(2).

Fulazzaky, M.A. (2010). Water Quality Evaluation System to Assess the Status and the Suitability of the Citarum River Water to Different Uses. Environmental Monitoring and Assessment. Vol. 168(1-4): 669-684

Fuady, I. (2017). Literasi Informasi Kesehatan: Penyuluhan Informasi Dalam Pencegahan HIV AIDS Bagi Masyarakat di Kawasan Wisata Pangandaran. Jurnal Darmakarya. Vol. 6(1).

Garno, Y.S. (2001). Status dan Karakteristik Pencemaran di Waduk Kaskade Citarum. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol. 2(2): 207-213.

Salim. H. (2002). Beban Pencemaran Limbah Domestik dan Pertanian di DAS Citarum Hulu. Jurnal Teknologi lingkungan. Vol 3(2).




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v3i2.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id