Pengembangan Potensi Wisata di Pantai Sempaning Desa Adat Jimbaran

Ade Pralinda Kumala, Putri Ekaresty Haes

Abstract


Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Desa Adat Jimbaran.Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan dan pengelolaan Pantai Sempaning yang kurang maksimal. Dimana pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui cara-cara mengembangkan potensi wisata yang ada di Pantai Sempaning Desa Adat Jimbaran. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, and Threat). Langkah-langkah yang digunakan dari pengabdian ini melalui beberapa tahapan yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan dilakukan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan seperti menentukan tema dan melakukan studi pustaka dan kemungkinan yang akan terjadi dilapangan. Tahap pelaksanaan terdiri dari observasi, perencanaan, pembuatan akun Instagram, pengunggahan foto/video di Instagram, dokumentasi, sosialisasi dan pengisian kuisioner. Hasil dari pengabdian ini adalah berupa pembuatan akun media sosial Instagram sebagai media branding bagi Pantai Sempaning Jimbaran agar lebih dikenal oleh masyarakat luas maupun para wisatawan. Yang kedua adalah pemberian sosialisasi secara daring melalui media whatsapp grup kepada anggota ST. Bakti Asih br. Teba Desa Adat Jimbaran mengenai konsep wisata berbasis CBT (Community Based Tourism) agar dapat diterapkan di Pantai Sempaning. Dimana konsep CBT (Community Based Tourism) ini sangat bermanfaat jika direalisasikan di Pantai Sempaning karena dapat meningkatkan sector perekonomian masyarakat Desa Adat Jimbaran.


Full Text:

PDF

References


Diantha, Made Pasek, dkk. 2017. Kajian Yuridis Tentang Perubahan Status Kelurahan Menjadi Desa Di Kabupaten Badung. Universitas Udayana. https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/0b05c9cd69bea1d25a4bc74e64d96839.pdf. Diakses Pada 20 Februari 2021.

Franzia, Elda. Personal Branding Melalui Media Sosial. Seminar Nasional Pakar ke 1 Tahun 2018. Buku 2 ISSN (P): 2615 - 2584 ISSN (E): 2615 – 3343.

Hasibuan, Marcelia. 2012. Strategi Perencanaan dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus: Pantai Pengandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Jurnal. :Politeknik Negeri Bandung.

Hidayat,Muhammad. 2012. Strategi Perencanaan dan Pengembangan ISSN: 2302 - 6715 NATURALIS – Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan 115 Objek Wisata (Studi Kasus: Pantai Pengandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). Jurnal. :Politeknik Negeri Bandung.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan. Indonesia, 2016.

Metodelogi Penelitian. Bab 3. Universitas Islam Indonesia. Tersedia di: http://etheses.uin-malang.ac.id/1960/7/10520021_Bab_3.pdf. Diakses Pada 21 Februari 2021

Mutiara, Ikhlassia dkk. Potensi Pengembangan Pariwisata Pantai Sempaning Kota Bengkulu Dalam Perspektif Konservasi Lingkungan. Jurnal Penelitian Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Hal 109-115.

Nurhidayati dan Chafid Fandeli. 2012. Penerapan Prinsip Community Based Tourism (CBT (Community Based Tourism) Dalam Pengembangan Agrowisata Di Kota Batu, Jawa Timur. Jejaring Administrasi Publik. Th IV. Nomor 1, Januari-Juni 2012. Hal 36-46.

Oktavallyan dkk. 2020. Pendampingan Pembuatan Desain Kawasan Pariwisata Berbasis Komunitas (Community Based Tourism) pada Kelompok Sadar Wisata di Kawasan Danau Gedang Kabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 04, Number. 01, May, 2020, pp. 076 – 086.

Profil Kabupaten Badung. File tersedia di: (https://sippa.ciptakarya.pu.go.id/sippa_online/ws_file/dokumen/rpi2jm/DOCRPIJM_1504704048Bab4-Profil_KabKota_bdg.pdf). Diakses Pada 20 Februari 2021

Rahma, Aulia.2020. Potensi Sumber Daya Alam dalam Mengembangkan Sektor Pariwisata di Indonesia. Jurnal Nasional Pariwisata. Vol. 12.

Sugi Rahayu, Utami Dewi, dan Kurnia Nur Fitriana. Pengembangan Community Based Tourism Sebagai Strategi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 21, No. 1, April 2016: 1-13.

Untari, Dewi dan Dewi Endah Fajariana. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Sekretari dan Manajemen. Volume 2 No. 2 September 2018 P-ISSN 2550 0805 E-ISSN 2550-0791. Tersedia di: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v4i1.1351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id