Peningkatan Pemahaman Akuntansi Berdasarkan SAK EMKM Pada Koperasi UKM Tajur Halang Makmur Bogor
Abstract
UKM sebagai salah satu roda penggerak ekonomi bangsa mempunyai peranan yang penting di era milenial saat ini. Sangat banyak dukungan pemerintah terhadap kelangsungan hidup dan kemajuan UKM di Indonesia. Mulai dari bantuan sosial pemerintah untuk menambah permodalan UKM sampai pemberian insentif. Salah satunya adalah insentif pajak yang diberikan pemerintah kepada UKM yang mempunyai laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Tidak banyak UKM yang mempunyai laporan keuangan dalam kegiatan usahanya, apalagi yang sesuai dan berdasarkan SAK EMKM. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman akuntansi bagi anggota Koperasi UKM Tajur Halang Bogor. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode analisis SWOT (Strenght,Weakness,Opportunity dan Threat). Ada beberapa tahap yang digunakan dalam pengabdian ini, yaitu ; tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap persiapan yaitu menentukan tema, menyiapkan perlengakapan/peralatan yang dibutuhkan baik berupa modul, LCD proyektor dan yang dibutuhkan dilapangan. Tahap pelaksanaan meliputi survey, obeservasi dan wawancara terhadap kebutuhan mitra. Tahap evaluasi dengan memberikan kuesioner dan tes di awal dan di akhir kegiatan. Hasil dari pengabdian ini menunujukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman akuntansi yang signifikan pada pengetahuan dan pemahaman peserta tentang pembuatan laporan keuangan sesuai SAK EMKM. Salah satu manfaatnya yaitu mempermudah UKM untuk mendapatkan permodalan dari perbankan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Accountants, I. F. of. (2001). Competence-Based Approaches to the Preparation and Work of Professional Accountants.
Harrison, D., McPeak, D., & Greenberg, S. (2006). Validating Competencies Underlying A Professional Accounting Credential. ABER 3rd Global Conference on Business and Economics,.
Irwansyah, M. R. (2013). Pengaruh Hasil Belajar Dasar-Dasar Akuntansi, Matematika Ekonomi Dan Bisnis Dan Minat Terhadap Pemahaman Akuntansi Yang Dikategorikan Berdasarkan Gaya Belajar. IKA, 11(2), 58–72.
Kazu, I. Y. (2009). The Effect of Learning Style on Education and The Teaching Process. Journa of Social Sciences. Journal of Social Sciences, 5(2), 85–94.
Lim, D. H., & Morris, M. L. (2009). Learner and instructional factors influencing learning outcomes within a blended learning environment. Journal of Educational Technology & Society, 12(4), 282–293.
Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80–94.
Lizzio, A., Wilson, K., & Simons, R. (2002). University Student’s Perception of The Learning Environment and Academic Outcames : Impications for Theory and Practice. Studies in Higher Educations, 27(1), 27–52.
Malgwi, C. A. (2002). Determinants of Accounting Anxiety in Business Students. . . Journal of College Teaching and Learning, 1(2), 81–94.
McCarthy, M. (2010). Experiental Learning Theory: From Theory to Practice. Journal of Business & Economics Research., 8(5), 131–140.
Nelson, I. ., Vendrzyk, V. P., Quirin, J. J., & KovaR, S. . (2008). Trends in Accounting Student Characteristics: Results from a 15-year Longitudinal study at FSA schools. Issues in Accounting Education, 23(3), 373–389.
Pertiwi, B. N., Yahya, M., & Syachbrani, W. (2020). Tinjauan Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan SAK-EMKM pada Koperasi Pegawai Dinas Koperasi Provinsi Sulawesi Selatan. BIJAC: Bata Ilyas Journal of Accounting, 1(1), 54–64.
Pertiwi, N. A., Rohendi, H., & Setiawan. (2020). Penyusunan Model Laporan Keuangan Entitas Mikro Kecil Menengah Berdasarkan Sak Emkm Pada Emkm Konveksi. Jurnal Accounting Information System, 3(1), 36–50.
Pratiwi, C. H. (2018). Penerapan Akuntansi Persediaan Berbasis SAK EMKM Pada UD Andika Jaya Jember. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING), 2(1), 118–124.
Putra, Y. M. (2018). Pemetaan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Emkm Pada UMKM di Kota Tangerang Selatan. Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 11(2), 201–216.
Rachmanti, D. A. A., Hariyadi, M., & Andrianto. (2019). Analisis Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Batik Jumput Dahlia Berdasarkan SAK-EMKM. Balance, 14(1), 31–52.
Sholikin, A., & Setiawan, A. (2018). Kesiapan UMKM Terhadap Implementasi SAK EMKM (Studi UMKM Di Kabupaten Blora. Journal of Islamic Finance and Accounting, 1(2), 36–50.
Stenberg, L., Varua, M. E., & Yong, J. (2010). Mathematics Aptitude, Attitude, Secondary Schools and Student Success in Quantitative Methods for Business Subject in an Australian Catholic University Experience. The Annual Confrence Economist, 1–6.
Uyar, A., & Güngörmüş, A. H. (2011). Factors Associated with Student Performance in Financial Accounting Course. European Journal of Economic and Political Studies, 4(2), 139–154.
Yang, F., Mo, L., & Dolar, B. (2012). Early Career Interest Development in Accounting: The Effect of Race after Controlling Math Performance and Gender. Journal of Accounting and Finance Research, 1(2), 59–65.
Yusuf, D., Amiluddin, & Jumraini. (2014). Peranan Koperasi Sebagai Penyedia Kebutuhan Nelayan di Kabupaten Barru. Jurnal IPTEKS PSP, 1(2), 174–184.
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v4i02.1455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id