Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

Retno Fuji Oktaviani, Rinny Meidiyustiani, Qodariah Qodariah, Heni Iswati

Abstract


Di Indonesia pendidikan literasi keuangan khususnya pada anak usia dini masih jarang dilakukan baik pada lingkungan keluarga maupun sekolah. Pengenalan dan pendidikan tentang literasi keuangan belum banyak diberikan secara tepat dan terencana karena dianggap sebagai sesuai yang belum penting bahkan belum dibutuhkan. Hal ini juga yang menyebabkan mengapa pengetahuan, keterampilan dan sikap tentang kesehatan finansial keluarga belum mendapat porsi yang cukup di masyarakat.Edukasi literasi keuangan pada anak bukan hanya pengenalan uang dan nominal saja, namun pemahaman sebuah konsep mengelola keuangan secara tepat dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan dengan membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya sekedar keinginan khususnya dalam masa pandemi COVID-19. Bagi anak-anak yang orang tuanya terdampak secara finansial ekonomi, kegiatan ini dapat mengajarkan anak-anak agar dapat mengelola uang yang mereka miliki dengan bijak. Dalam pelaksanaan kegiatan, tim PKM melakukan beberapa tahap yaitu Persiapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Tahap persiapan meliputi perencanaan, survey dan analisa kebutuhan, penetapan masalah dan solusi yang diberikan. Tahap pelaksanaan meliputi edukasi, permainan, dan wawancara. Tahap evaluasi adalah mengolah dan menganalisis hasil wawancara. Berdasarkan hasil evaluasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan edukasi literasi finansial berjalan dengan baik, dilihat dari tingginya antusias peserta selama kegiatan dan penambahan wawasan mengenai mengelola keuangan sejak dini.

Keywords


literasi keuangan; usia dini; menabung; sedekah

Full Text:

PDF

References


OJK, Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Jakarta: OJK.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Literasi finansial. Jakarta: Tim GLN Kemendikbud.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Mengapa Paud Penting Bagi perkembangan Anak. Jakarta: Edukasi BPMRPK Yogyakarta.

Meinarni, Asnawi, Cornelia D. matani, Kurniawan Patma. (2019). Pengenalan Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Kelas Binaan Jurusan Akuntansi Di Buper. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, The Community Engagement Journal. Volume 2, Nomor 1, Januari-Mei 2019: 01–08.

Nabila, Amalia, Abrista Devi, Indriya. (2021). Konseptualisasi Peran Strategis Pendidikan Literasi Keuangan Syariah Anak Melalui Pendekatan Systematic Review di TK Ra Al-Mu’min Gunung Putri Bogor. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. Volume 4 No 1 (2022) 79-95.

Novieningtyas, Annissa. (2018). Edukasi literasi keuangan pada anak bukan hanya pengenalan uang dan nominal saja. MANNERS, Vol I, No. 2. September 2018. 133-137.

Nugraha, Ubaidillah. (2017). Strategy to Accelerate Financial Literacy Rate in Indonesia: Best Practices from Selected Countries. Jurnal Perencanaan Pembangunan, The Indonesian Journal of Development Planning. 78-86.

Rapih, Nugroho. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana?. Scholaria, Vol. 6 No. 2, Mei 2016: 14 – 28.

Sumiyati. (2017). Mengenalkan Pengelolaan Keuangan Pada Anak Sejak Usia Dini. Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman Vol. VI No.1 Tahun 2017. 29-47.

Yushita, Amanita Novi. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal. Volume Vi Nomor 1, Tahun 2017. 11-26




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 Recommended Tools :