Pelatihan Bahasa Inggris Pekerja Migran Indonesia di Brunei Darussalam

Musa Maliki, Afrimadona Afrimadona, Afrimadona Afrimadona, Syifa Aulia Hasyyati, Syifa Aulia Hasyyati, Farrahdiba Farrahdiba, Farrahdiba Farrahdiba

Abstract


Tulisan ini dilatarbelakangi studi migrasi internasional tentang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang tinggal di Brunei Darussalam. PMI memperoleh gaji yang lebih rendah daripada pekerja migran Filipina pada kategori pekerjaan yang sama karena lemahnya penguasaan bahasa Inggris mereka. Kemampuan bahasa Inggris menjadi hambatan bagi PMI untuk mendapatkan gaji yang lebih baik dan kompetitif di pasar tenaga kerja migran di Brunei Darussalam. Tujuan riset ini ialah untuk mencari solusi bagi lemahnya kemampuan bahasa Inggris PMI. Penulis yang berkompetensi dalam studi Hubungan Internasional, khususnya migrasi internasional, bekerja sama dengan KBRI Bandar Seri Begawan dan Universitas Terbuka cabang Brunei Darussalam untuk menyelenggarakan pelatihan bahasa Inggris. Melalui penggunaan metode partisipatoris dengan kerangka teoritis globalisasi dan konsep migrasi, penelitian ini menunjukkan perlunya PMI melatih kemampuan berbahasa Inggris secara intensif dimana pun, baik di kelas, rumah, dan tempat kerja. Meskipun sulit menemukan kesempatan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris, PMI perlu meningkatkan motivasi belajar dan meluangkan waktu untuk mengembangkan kemampuannya baik di kelas dan kehidupan sehari-hari.

Keywords


Bahasa Inggris; Pekerja Migran; Migrasi Internasional; Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Čiarnienė, R., & Kumpikaitė, V. (2008). The impact of globalization on migration processes. Socialiniai tyrimai(3), 42-48. Retrieved from https://etalpykla.lituanistikadb.lt/object/LT-LDB-0001:J.04~2008~1367164208598/

De Haas, H. (2014). What drives human migration. Retrieved from Oxford: International Migration Institute: https://heindehaas.files.wordpress.com/2015/05/de-haas-2014-what-drives-human-migration.pdf

de Haas, H. (2021). A theory of migration: the aspirations-capabilities framework. Comparative Migration Studies, 9(1), 8. doi:10.1186/s40878-020-00210-4

Hamid, S. M., Mannong, A. B. M., Hambali, U., & Sujariati, S. (2021). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Bagi Pemuda Gentung Community Melalui Media Presentasi Prezi. Jurnal Abdimasa Pengabdian Masyarakat, 4(2), 90-98. Retrieved from https://unimuda.e-journal.id/jurnalabdimasa/article/view/863/657

Hout, W. (1996). Globalization, regionalization and regionalism: A survey of contemporary literature. Acta Politica, 31(2), 164-181. Retrieved from https://hdl.handle.net/2066/190409

Ma'mun, N., & Mariam, S. (2021). Pelatihan kompetensi literasi digital bagi guru bahasa inggris berbasis e-learning moodle. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 69-79. Retrieved from https://doi.org/10.29303/rengganis.v1i1.15

Nurcandrani, P. S., Asriandhini, B., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-Anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(01), 27-32. doi: https://doi.org/10.32509/am.v3i01.979

Pain, R., Whitman, G., & Milledge, D. (2011). Participatory action research toolkit. In: Durham: Durham University Press.

Permata, N. N., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 338-341. Retrieved from http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781

Prasetyo, A. (2018). Indonesia-Inggris kerjasama pelatihan bahasa Inggris bagi para pekerja. Media Indonesia. Retrieved from https://mediaindonesia.com/ekonomi/185776/indonesia-inggris-kerja-sama-pelatihan-bahasa-inggris-bagi-para-pekerja

Simatupang, L. L., Silaen, H., Banjarnahor, S., & Sinaga, R. M. (2021). Pelaksanaan Rapid Test Antigen Covid-19 Kepada Generasi Muda Kota Medan dan Deli Serdang. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(02), 73-79. doi: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v4i02.1447

Sklair, L. (1999). Competing conceptions of globalization. Journal of World-Systems Research, 142-163. doi:https://doi.org/10.5195/jwsr.1999.140

Šumonja, M. (2021). Neoliberalism is not dead – On political implications of Covid-19. Capital & Class, 45(2), 215-227. doi:10.1177/0309816820982381

Warman, J. S., Mardian, V., Suryani, L., Fista, F. R., & Irwan, I. (2020). Program pelatihan penigkatan kemampuan bahasa inggris anak-anak panti asuhan melalui pemberdayaan mahasiswa. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 280-285. doi:10.31849/dinamisia.v3i2.3304

Wood, E. M. (1997). Modernity, postmodernity or capitalism? Review of International Political Economy, 4(3), 539-560. doi:https://doi.org/10.1080/096922997347742




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 Recommended Tools :