Aplikasi Praktis dan Mudah Mengenali Gejala Anak Autisme Sejak Dini

Ricko Irawan, Agus Raharjo, Aris Mulyono, Sesaria Nisa Afifi

Abstract


Penyakit autisme dapat menyerang anak kapan saja, banyaknya anak yang sebenarnya sejak usia dini sudah mengalami gejala autisme tetapi dikarenakan identifikasi yang terlambat maka penyakit ini sulit untuk disembuhkan. Tujuan pengenalan apikasi SDA-03 untuk mengenalkan ciri-ciri anak yang mengalami gejala dini auitsme pada orang tua atau keluarga yang putra/putrinya terdampak penyakit autisme, dikarenakan sangat memungkinkan jika ada salah satu keluarga yang terdampak penyakit autis maka keluarga yang lain juga bisa mengalami penyakit yang sama. Penyakit autisme harus dikenali sedini mungkin, karena dengan mengenali sejak dini akan mempermudah melakukan langkah penanganan dan pengobatan. Aplikasi ini berupa software yang didalamnya berisi angket yang terdiri dari 23 butir pertanyaan yang menyangkut perkembangan anak dimulia usia 1 s.d 3 tahun. Pengabdian ini menggunakan model daring dengan metode a) pemaparan materi, b) diskusi dan 3) evaluasi. Kegiatan pengabdian ini melibatkan guru, tenaga pendidikan dan kepala sekolah yang berjumlah 40 orang. Dengan adanya pengenalan aplikasi SDA-03 memberikan pemahaman bagi guru dan orang tua bagaimana cara menangani anak auitisme sejak dini. Setelah dilakukan sosialisai SDA-03 di sekolah SLB Kota Salatiga perlunya sosialisai pada skala yang lebih besar lagi.


Keywords


Autisme; Software Detection Autism-03; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Angayasti, A. R. (2012). Analisis Gambar Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) SD Plus Al-Ghifari Tahun Ajaran 2010-2011 Kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/10442/

Belmonte, M. K., Saxena-Chandhok, T., Cherian, R., Muneer, R., George, L., & Karanth, P. (2013). Oral motor deficits in speech-impaired children with autism. Frontiers in Integrative Neuroscience, 7, 47. https://doi.org/10.3389/fnint.2013.00047

Cheung, C., McAlonan, G. M., Fung, Y. Y., Fung, G., Yu, K. K., Tai, K.-S., Sham, P. C., & Chua, S. E. (2011). MRI Study of Minor Physical Anomaly in Childhood Autism Implicates Aberrant Neurodevelopment in Infancy. PLoS ONE, 6(6), e20246. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0020246

Desoky, T., Hassan, M. H., Fayed, H., & Sakhr, H. M. (2017). Biochemical assessments of thyroid profile, serum 25-hydroxycholecalciferol and cluster of differentiation 5 expression levels among children with autism. Neuropsychiatric Disease and Treatment, Volume 13, 2397–2403. https://doi.org/10.2147/NDT.S146152

Dewi, R., Dida, S., & Anisa, R. (2018). Pelatihan Komunikasi Bagi Kader Posyandu di Desa Pegerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat–Jawa Barat. Jurnal Abdi MOESTOPO, 1(02), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.32509/am.v1i02.522

Esposito, G., & Paşca, S. P. (2013). Motor abnormalities as a putative endophenotype for Autism Spectrum Disorders. Frontiers in Integrative Neuroscience, 7, 43. https://doi.org/10.3389/fnint.2013.00043

Fadila, P. N., & Ratnawati, D. E. (2016). Identifikasi Jenis Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Neighbor Weighted K-Nearest Neighbor (NWKNN). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(3), 193–200. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/195/pdf

Hasnita, E., & Hidayati, T. R. (2017). Terapi Okupasi Perkembangan Motorik Halus Anak Autisme. Jurnal Ipteks Terapan, 9(1). http://ejournal.lldikti10.id/index.php/jit/article/view/25/24

Humphreys, K., Hasson, U., Avidan, G., Minshew, N., & Behrmann, M. (2008). Cortical patterns of category-selective activation for faces, places and objects in adults with autism. Autism Research, 1(1), 52–63. https://doi.org/10.1002/aur.1

Irwin, J. R., & Brancazio, L. (2014). Seeing to hear? Patterns of gaze to speaking faces in children with autism spectrum disorders. Frontiers in Psychology, 5, 397. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00397

Jeste, S. S., & Geschwind, D. H. (2014). Disentangling the heterogeneity of autism spectrum disorder through genetic findings. Nature Reviews Neurology, 10(2), 74–81. https://www.nature.com/articles/nrneurol.2013.278

Khoirunnisa, R. N., & Nursalim, M. (2012). Studi Kasus Dinamika Emosi Pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 2(2), 108. https://doi.org/10.26740/jptt.v2n2.p108-120

Mutia, F. (2018). Kemampuan anak autis menyerap informasi melalui proses belajar di sekolah inklusi. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-palim4f33d9ae81full.pdf

Nafi, D. (2016). Pantang Menyerah Mengasuh Asih Anak Berkebutuhan Khusus. In Familia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1020391

Nair, A., Treiber, J. M., Shukla, D. K., Shih, P., & Müller, R.-A. (2013). Impaired thalamocortical connectivity in autism spectrum disorder: a study of functional and anatomical connectivity. Brain, 136(6), 1942–1955. https://doi.org/10.1093/brain/awt079

Nugraheni, S. A. (2012). Menguak belantara autisme. Buletin Psikologi, 20(1–2), 9–17. file:///C:/Users/RIKO/Downloads/11944-23346-1-SM (2).pdf

Puspita, D. (2003). Kiat Praktis Mempersiapkan dan Membantu Anak Autis Mengikuti Pendidikan di Sekolah Umum. Seminar Mandiga, 22. https://adoc.pub/kiat-praktis-mempersiapkan-membantu-anak-autis-mengikuti-pen.html

Schuh, J. M., & Eigsti, I.-M. (2012). Working Memory, Language Skills, and Autism Symptomatology. Behavioral Sciences, 2(4), 207–218. https://doi.org/10.3390/bs2040207

Setyaningsih, W. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Sosial Anak Autisme di SLB Harmoni Surakarta. Jurnal Kesehatan, 6(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26630/jk.v6i2.92

Suteja, J. (2014). Bentuk dan metode terapi terhadap anak autisme akibat bentukan perilaku sosial. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/325/287

Wardhani, R. K., & Sudjudi, I. (2014). Perancangan Video Dokumenter “Autisme.” Visual Communication Design, 3(1), 180546. https://www.neliti.com/publications/180546/perancangan-video-dokumenter-autisme#id-section-content

Xia, W., Zhou, Y., Sun, C., Wang, J., & Wu, L. (2010). A preliminary study on nutritional status and intake in Chinese children with autism. European Journal of Pediatrics, 169(10), 1201–1206. https://doi.org/10.1007/s00431-010-1203-x

Yizhar, O., Fenno, L. E., Prigge, M., Schneider, F., Davidson, T. J., O’shea, D. J., Sohal, V. S., Goshen, I., Finkelstein, J., & Paz, J. T. (2011). Neocortical excitation/inhibition balance in information processing and social dysfunction. Nature, 477(7363), 171–178. https://www.nature.com/articles/nature10360

Zhao, J., Hu, Q., Chen, Y., Luo, S., Bao, L., & Xu, Y. (2007). A novel missense mutation in the paired domain of humanPAX9 causes oligodontia. American Journal of Medical Genetics Part A, 143A(21), 2592–2597. https://doi.org/10.1002/ajmg.a.31993

Zikopoulos, B., & Barbas, H. (2013). Altered neural connectivity in excitatory and inhibitory cortical circuits in autism. Frontiers in Human Neuroscience, 7, 609. https://doi.org/10.3389/fnhum.2013.00609




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id