Optimasi E-Commerce dan Kualitas Kuliner Untuk Mendukung Wisata Kuliner di Provinsi Bangka Belitung

Giyatmi Giyatmi, Euis Widiati, Levyda Levyda

Abstract


Provinsi Bangka Belitung termasuk salah satu objek wisata memiliki potensi pengembangan di bidang wisata kuliner. Oleh karena itu, perlu dirancang pengembangan pariwisata yang selaras dengan pembangunan budaya dan sosial. Sebagai hasil dari kreativitas, rasa dan hasil karya produk budaya yang masih mendapatkan perhatian, sehingga kearifan lokal selalu menjadi inspirasi pengembangan pariwisata, termasuk wisata kuliner. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi penyampaian materi dan diskusi terkait promosi menggunakan media sosial (Instagram) dan simulasi pembuatan konten media sosial. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mengusung tema Optimasi E-Commerce dan Kualitas Kuliner Untuk Mendukung Wisata Kuliner di Provinsi Bangka Belitung. Berdasarkan evaluasi dan monitoring yang dilakukan maka rekomendasi yang dapat diajukan pada kegiatan ini adalah kegiatan berupa pendampingan bagi UMKM sebaiknya dilaksanakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola usaha. Kegiatan dapat dilakukan baik oleh bidang ekonomi kreatif maupun praktisi di bidangnya, dibuatkan kerja sama dengan biro perjalanan wisata untuk membuat paket wisata yang fokus pada kegiatan wisata kuliner.


Keywords


Pemasaran Digital; UMKM; Instagram; Wisata Kuliner

Full Text:

PDF

References


Agusetyaningrum, V., Mawardi, M. K., & Pangestuti, E. (2016). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada UKM Berbasis Kuliner Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2), 105–111.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). Duta.Com Journal, 9(1), 43–54. http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17

Kristiana, Y., Suryadi, M. T., & Sunarya, S. R. (2018). Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang. Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3604

Levyda, L., Ratnasari, K., & Giyatmi, G. (2021). Local Food as a Tourism Brand for the Regional Area : The Case in Bangka Belitung Indonesia. Review of Integrative Business and Economics Research, 10(2), 66–74.

Mulyani, Y. S. (2021). E-Commerce Solusi Pemasaran UMKM Dalam Mengembangkan Industri Pariwisata Di Tengah Pademi Covid-19 (Studi Kasus UMKM di Kota Tasikmalaya). Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 131–141. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11293

Riyantini, R., & Purabaya, R. H. (2021). Sehat Bermedia Sosial Saat Pandemi Covid-19 Melalui Pelatihan Daring Bagi Ibu Rumah Tangga. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(02), 80–87. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v4i02.1451

Siska, E., Atmojo, D., & Prapto, W. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Marketplace Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pulo Gadung Jakarta Timur Pada Masa New Normal. Jurnal Abdimas Perbanas, 2(2), 59–75.

Sufa, S. A., Subiakto, H., Octavianti, M., & Kusuma, E. A. (2020). Wisata Gastronomi Sebagai Daya Tarik Pengembangan Potensi Daerah Kabupaten Sidoarjo. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 75–86. https://doi.org/10.35760/mkm.2020.v4i1.2497

Supriyani, N., & Untari, D. (2021). Strategi Dan Pemanfaatan Media Sosial Usaha Kecil Dan Menegah (Umkm) Bertahan Di Tengah Pandemi Covid-19. Ekono Insentif, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.36787/jei.v15i1.419

Zahrulianingdyah, A. (2018). Kuliner Sebagai Pendukung Industri Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal. Teknobuga, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.1529/jtbb.v6i1.16667

Ziliwu, G. E. K., & Simanjuntak, M. (2021). Analisis Peningkatan Kinerja UMKM Kuliner Dastinasi Wisata Melalui Strategi Comparative Advantage dengan pendekatan The House Model Studi Empiris Toba Indonesia Prosiding Seminar Nasional Ekonomi-Bisnis Indonesia yang terdiri dari berbagai keberagaman kek. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Bisnis, 104–119.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 Recommended Tools :