Kompetensi TKBM Dalam Mewujudkan Pelayanan Bongkar Muat yang Lebih Efisien dan Efektif di Pelabuhan Cirebon

Simon Gultom, Sarinah Sihombing, Irwan Chairuddin, David Pandapotan Sirait, Yosi Pahala, Aswanti Setyawati, Primadi Candra Susanto

Abstract


TKBM atau pekerja yang bekerja di lingkungan pelabuhan sangat memerlukan pelatihan dan pemahaman tentang pentingnya keselamatan dan keamanan guna mendukung kelancaran kegiatan serta peningkatan keselamatan para pekerja di Pelabuh. Port Basic Safety and Security Training atau PBSST perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Oleh karena itu dosen ITL Trisakti terdorong untuk melaksanakan PkM dalam bentuk pelatihan kompetensi kepada TKBM. Tujuan dari PkM ini adalah agar TKBM yang ada dipelabuhan Cirebon dapat meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam bekerja secara efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam PkM ini adalah kegiatan penyuluhan dengan materi : 1). Manajemen Produktivitas TKBM, 2). Motivasi Kerja, 3). Sistem Manajemen K3 di Pelabuhan, 4). Mood Manage dalam Bekerja, dan 5). Manajemen Konflik. Konsepnya adalah dengan meningkatnya pengetahuan PBSST pada TKBM akan meningkatkan kelancaran operasional dan meningkatkan produktifitas bongkar muat. Dari hasil PkM ini didapat peningkatan pengetahuan TKBM yang siqnificant sesudah diadakan pelatihan dibanding sebelum pelatihan dengan melakukan uji beda indipendent sample t test. Dan dari hasil diskusi dengan pihak Manajemen Pelabuhan menunjukkan bahwa perlunya peningkatan kompetensi TKBM secara terus menerus melalui sosialisasi dan pelatihan yang akan berdampak pada peningkatan kinerja pelayanan pelabuhan.

Full Text:

PDF

References


Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Wesson, M. (2012). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace 3rd Edition. In McGraw-Hill Education; 3 edition.

Djamarah, B.S, 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rinika Cipta.

Hadi, W., & Putri, D. R. (2016). Peningkatan Kompetensi Tkbm Pelabuhan Tanjung Priok Oleh Koperasi Karya Sejahtera. Logistik, IX(1).

Hartono, A. (2021). Dibuka Sesditjen Hubla, UPP Satui Gelar Diklat PBSST Bagi TKBM. Https://Bisnisnews.Id/. https://bisnisnews.id/detail/berita/dibuka-sesditjen-hubla-upp-satui-gelar-diklat-pbsst-bagi-tkbm

Krisvin, D. H. (2014). Implementasi Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kepada Tenaga Kerja Bongkar Muat yang Berada di Koperasi Samudra Sejahtera (KOMURA) Pelabuhan Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 1(6), 1742–1752.

Naim, A. (2020). Perilaku Pekerja Tenaga Kerja Bongkar Muat Pelabuhan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and ….

Notoatmodjo,S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Prilaku. Jakarta: Renika Cipta.

Ratnawati, E., & Silvana, E. D (2021). Penyuluhan Hukum Tentang keselamatan Kerja Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Tanjung Priok-Jakarta. Jurnal DAS SEIN.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku Organisasi, Edisi 12 Buku 1. In Jakarta: Salemba Empat.

Sukmawati et.al. (2020). Revitalisasi Kompetensi Tenaga Kerja Bongkar Muat Untuk Peningkatan Pelayanan Bongkar Muat Pada Pelabuhan Cirebon.

Zubair, F., Kadarisman, A., & Dewi, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Komunikasi Publik Aparatur Desa dalam Membangun dan Mengokohkan Reputasi Pemerintahan Desa. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 62–68. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/abdimoestopo/article/view/1021




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 Recommended Tools :