Edukasi Pemasaran dan Pengelolaan Manajemen Usaha Pariwisata di Kabupaten Majene

Nur Fitriayu Mandasari, Muhammad Shaleh Z

Abstract


Kegiatan pembangunan kepariwisataan pada hakikatnya melibatkan peran dari seluruh pemangku kepentingan yang ada dan terkait. Masyarakat yang merupakan salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan Perguruan Tinggi, Pemerintah dan kalangan usaha/swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan. Dalam upaya pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Majene menghadapi beberapa kendala diantaranya belum teraplikasikan dengan baik konsep dan strategi pemasaran dan pengelolaan (manajemen) berbagai usaha/bisnis yang pariwisata dan terkait pariwisata di Kabupaten Majene dalam rangka mencapai Kabupaten pariwisata yang lebih profesional. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah dan diskusi dengan pendekatan Advocacy, Cautionary dan Adaptancy kepada para mitra dengan tujuan untuk  memberikan edukasi kepada para pelaku usaha pariwisata di Kabupaten Majene, khususnya terkait manajemen dan pemasaran usaha/produk. Edukasi yang dilakukan memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha pariwisata khususnya di Kabupaten Majene tentang manajemen usaha dan pemasaran produk/jasa usaha pariwisata dalam rangka meningkatkan penghasilannya.

Keywords


Edukasi; Pariwisata; Pemasaran; Manajemen Usaha

Full Text:

PDF

References


Baker, D.A. and Crompton, J.L., 2000. Quality, Satisfaction and Behavioral Intentions. Annals of Tourism Research.

Bologlu, S. 2000. A path analytic model of visitation intention involving information sources, a socio-psychological motivation, and destination image. Journal of travel & tourism marketing.

Bonn. Mark. A., Joseph. Sacha. M., and Dai. Mo, (2005), International versus domestic visitors: An examination of destination image perceptions, Journal of travel research.

Chen, C.-F. and Tsai, D., 2007. How Destination Image and Evaluative Factors Affect Behavioral Intentions. Tourism Management.

Cole, S.T., Crompton, S.J. and Willson, V.L., 2002. An Empirical Investigation of the Relationships Between Service Quality, Satisfaction and Behavioral Intentions Among Visitors to a Wildlife Refugee. Journal of Leisure Research.

Gunn, C. A., Var, T. 2020. Tourism planning: Basics, concepts, cases. London: Routledge.

McIntosh. Ribert W., Charles R. Goeldner, dan J.R. Brent Ritcjie. 1995. Tourism: Principle, Prcatices, Philosophies. (Seventh Edition) New. York: John Wiley dan Sons., Inc.

Rahim, Firmansyah. 2012. Pedoman Kelompok Sadar Wisata. Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4966. Jakarta.

Widjaja, HAW. 2003. Otonomi Desa Merupakan Otonomi Asli Bulat dan Utuh. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id