Pendampingan Dan Pelatihan Pada Umkm Dapur Ummu Yahya Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Lely Prananingrum, Sri Kurniasih Agustin, Rina Sugiarti, Imam Suryansyah

Abstract


Pemerintah Indonesia telah mengambil banyak langkah dalam beberapa tahun terakhir untuk mendukung pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), khususnya adopsi           E-Commerce bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). UMKM merupakan usaha yang terus berkembang dan dapat memberikan sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dapur Ummu Yahya merupakan kelompok UMKM yang memproduksi dan menjual makanan olahan berupa roti dan kue basah yang bervariasi dengan produk khas gurih currypuff yang sangat digemari. UMKM Dapur Ummu Yahya merupakan usaha berskala yang memiliki prospek pemasaran yang menjanjikan dan dapat meningkatkan pendapatan dari hasil penjualan. Saat ini Dapur Ummu  Yahya  masih dikelola secara tradisional yang ditunjukkan dari belum tersedianya media untuk memasarkan produk hasil olahannya, sehingga produk tidak dikenal luas dan hanya terbatas pada lingkungan sekitar. Hal ini akan berdampak pada tingkat penjualan yang sulit untuk berkembang. Solusi untuk meningkatkan penjualan adalah dengan membuatkan aplikasi penjualan berbasis website dengan tujuan agar produknya dapat dipasarkan dengan jangkauan yang lebih luas. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan aplikasi penjualan berbasis web kepada UMKM Dapur Ummu Yahya. Hasil dari kegiatan tersebut menunjukkan Dapur Ummu Yahya mendapatkan wawasan dan pengetahuan TIK tentang E-Commerce dan dengan adanya web penjualan Dapur Ummu Yahya terjadi perluasan jaringan pemasaran.


Keywords


UMKM; Web,;Penjualan; Pelatihan; Pendampingan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. Z., Bakar, A. R. A., Faziharudean, T. M., & Zaki, K. A. M. (2015). An Empirical Study of Factors Affecting e-Commerce Adoption among Small- and Medium- Sized Enterprises in a Developing Country: Evidence from Malaysia. Information TechnologyforDevelopment,21(4),555572.doi:https://doi.org/10.1080/02681102.2014.899961.

Aisyah, (2015). Pengembangan Industri Kreatif Di Kota Batu.Universitas Brawijaya,Malang (Studi Tentang Industri Kreatif Sektor Kerajinan Di Kota Batu).

Andri, dkk. (2016), “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar”, Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia (JITIKA). GoogleCendekia,http://scholar.google.ac.id, STIMIK PPKIA Pradmya Paramitra.

Elsandra, Y. & Yulianto, A. A. (2013). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah Berbasis Industri Kreatif melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2(1), 31-42.

Hardiyan, (2019), June9. “Pemberdayaan UMKM”, Presiden Jokowi https://ekonomi.bisnis.com/read/20191209/12/1179367/pemberdayaan-umkmpresiden- jokowi-kementerian.

Hartono & Hartomo, D. D. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan UMKM di Surakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 15-30.

Kasiyati, S. B., Setyowati, E., & Santoso, R. (2022). Berwirausaha Melalui Laundry Sepatu di SMP 17 Agustus 1945, Nginden Semolo, Menur Pumpungan, Kota Surabaya. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 118-126.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. Retrieved March 22, 2021, from http://www.kemenkopukm.go.id/data-umkm.

UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. (2020, August 24). Retrieved March 22, 2021, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-IndonesiaTerungkit.html.

Wahyudi, Alexander. (2017). Edupreneurship sebagai Strategi Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Menghadapi MEA. Accounting and Manajemen Journal. 1:55-62.

https://journal2.unusa.ac.id/index.php/AMJ/article/view/72

Wirawan, (2012). Ekonomi Untuk NegaraNegara Berkembang, Penerjemah : Agustinus Subekti, Ed, Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id