Pendampingan Mitra Konsultan Dalam Penerapan Strategi Pemasaran Bagi Para Pelaku UMKM di Kota Bengkayang

Blasius Manggu, Sabinus Beni

Abstract


Bengkayang. merupakan salah satu daerah yang mempunyai UMKM yang cukup potensial dalam  mendukung meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta sebagai penggerak terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat dan mengurangi pengangguran. Sebagai wujud nyata dalam menggerakan ekonomi, UMKM harus mampu bersaing, melalui strategi yang dikembangkan.  Masih banyaknya para pelaku UMKM dikota Bengkayang yang belum memiliki pengetahuan pemasaran sehingga usahanya tidak dapat berkembang dengan baik. Strategi marketing mix dengan lebih meningkatkan produk yang berkualitas, inovasi produk, pengembangan produk, tempat yang nyaman untuk menjual produk, lokasi usaha, tata letak, layout, aroma, interior penting dalam meraih minat konsumen, harga yang terjangkau, tidak membeda bedakan harga dengan konsumen,  promosi yang dilakukan sesuai dengan selera pasar, menggunakan market place, digital marketing, brand, logo salah satu strategi yang ampuh dalam mempertahankan pelanggan. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mendampingi para pelaku UMKM di kota Bengkayang sebagai mitra. Dengan optimalnya  strategi pemasaran ini nantinya dapat meningkatkan penjualan dan solusi untuk meningkatkan perkembangan UMKM di kota Bengkayang. Pendampingan dilaksanakan dengan cara memberikan literasi pemahaman tentang pentingnya pengetauan pemasaran, mendampingi dalam  pentingnya layout tata letak tempat usaha, dengan implementasi sarana teknologi informasi untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini.


Keywords


Pendampingan; Mitra; Strategi; UMKM

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gery & Kotler, P. (2012). Dasar Dasar Pemasaran Jilid 1. Prenhalindo.

Baker, M. J. (2011). Green Marketing Management. Butterworth dan. Heinemann.

Basu Swasta. (2008). Menejemen Pemasaran Modern. Liberty.

Hamzah, R. E., & Putri, C. E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 12. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

I Ketut Surya Diarta, Putu Widhianti Lestari, & Ida Ayu Putu Citra Dewi. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia . Jurnal Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana, 4(2), 170–187. file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/27852-1-54192-1-10-20170131.pdf

Kotler, P. and G. A. (2012). Principle of Marketing. Prentice Hall. International, Inc:

Kurniawan, F. R., Setyowati, S., & Ihsaniyati, H. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Usaha Kedai Susu Mom Milk Untuk Menarik Minat Konsumen. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 13(2), 167–177. https://doi.org/10.20961/sepa.v13i2.21026

Mustaan & Nizar Hamdi. (2021). Peranan Strategi Marketing Guna Meningkatkan Volume Penjualan Pada Perusahaan Master Gift Box Malang. Jurnal Inovovasi Penelitian, 2.

Panga, M. (2014). Pengertian Dan Pengelolaan UMKM.

Suheni, Suheni and Nurprapti, Nurprapti and Witantra, A. P. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Komunitas Gerakan Berbagi Nasi Di Serang (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Komunitas Gerakan Berbagi Nasi Di Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Sultan Agung Tirtayasa.

Undang Undang. (2008). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) (Patent No. 20).




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id