Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Bumi Sebalo Melalui Metode Score Plus
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing melalui peningkatan kinerja pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner Dapoer Tela Bumi Sebalo. UMKM kuliner di daerah, khususnya di Bumi Sebalo Bengkayang menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan bisnis yang ketat dan keterbatasan akses terhadap pasar yang lebih luas. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini adalah SCORE PLUS, sebuah pendekatan holistik yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan daya saing usaha atau organisasi. Pendekatan ini mencakup empat komponen utama (Strategi, Keuangan, Operasional, Rantai Pasok) yang dianalisis dalam konteks yang lebih luas melalui penerapan dua elemen tambahan (Ekosistem dan Lingkungan Usaha). Melalui serangkaian pelatihan, pendampingan, dan konsultasi, UMKM kuliner ini diberikan pengetahuan dan keterampilan baru untuk mengoptimalkan operasional dan strategi bisnisnya. Selain itu, juga diajak untuk memanfaatkan teknologi informasi dan pemasaran digital guna memperluas jangkauan pasar dan menjangkau konsumen potensial secara lebih efektif. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan metode SCORE PLUS berhasil meningkatkan kinerja UMKM kuliner Dapoer Tela yakni sebanyak 25% yang di antaranya mengalami peningkatan dari sisi jumlah pelanggan dan merasa lebih percaya diri dalam mengelola bisnisnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu Diah, Padyanawati & Hardjomidjojo Hartrisari (2019), Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Desa Tegalwaru, Kabupaten Bogor, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri Vol. 7, No.1, p. 153-168
Barney (2009),.Industri Kreatif Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. ITB Bandung: Inkubator Industri dan Bisnis
Chotimah, Rizqi Rahmawati dkk. (2018), Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Menggunakan Metode SCOR dan AHP Pada Unit Pengantongan Pupuk Urea PT. Dwimatama Multikarsa Semarang, Jurnal Industrial Engineering Online Journal, vol. 6, no. 4, Apr. 2018.
Halim, Abdul.(2020). Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. GROWTH Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan,Vol. Volume 1, No. 2, 2022, p. 157-172
Irawan, Dandan (2020), Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengah Melalui Jaringan Usaha, Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen Vol X1 No 2. Juli 2020
Polnaya, Ghalib Agfa (2015). Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Ukm Ekonomi Kreatif Batik Bakaran di Pati, Jawa Tengah. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro
Porsi Kredit Diperbesar, Sektor UMKM Segera Naik Kelas, Selasa, 6 Desember 2022 | 12:53 WIB. https://indonesia.go.id/kategori/indonesia-dalam-angka/6721/porsi-kredit-diperbesar-sektor-umkm-segera-naik-kelas?lang=1#:~:text=United%20Nations%20Conference%20on%20Trade,persen%20tenaga%20kerja%20di%20Indonesia.
Samodro .(2018), Upaya Meningkatkan Daya Saing Ekspor Produk UMKM Makanan dan Minuman Melalui Pengembangan Usaha dengan Berbasis pada Kearifan Lokal di Indonesia, Jurnal Sembadha 2018, Volume 01, Edisi 01.p.130-137
Utami, Anggi Dian & Wardani, Kadek Devi Kalfika Anggria (2023). Peningkatan Daya Saing UMKM Kuliner di Desa Adat Panjer Melalui Pengembangan Media Pemasaran Berbasis Digital, Jurnal Kumawula, Vol.6, No.1, April 2023, p. 1 – 5
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.Pengertian usaha mikromenurut Keputusan Menteri Keuangan No.40 / KMK.O6/ 2010 tanggal 29 Januari 2010
DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.2385
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat
LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)
email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id