Upaya Peningkatan Potensi Desa Limboro Menjadi Produk Unggul di Sulawesi Tengah

Hariyanto R Djatola, Nur Hilal, Nurlailah Nurlailah, Saparman Saparman, Fadila Ahmadali

Abstract


Kain tenun khas desa limboro yang dikenal dengan nama Buya Bomba berasal dari Kabupaten Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah. Buya Bomba merupakan produk dengan ciri khas dan nilai sejarah yang tinggi. Namun jika dibandingkan dengan kain tenun dari daerah lain, sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal produk Buya Bomba. Fakta bahwa produk Buya Bomba memiliki kualitas yang hampir sama dengan produk kain lainnya dengan harga yang sangat mahal menjadi salah satu faktornya. Masalah lainnya adalah promosi produk yang buruk, yang bermasalah mengingat iklan dari mulut ke mulut terus berlanjut. Secara alami, hal itu berpotensi memengaruhi keputusan pembelian konsumen berdasarkan isu-isu tersebut. Semakin banyak item, semakin banyak pilihan pembeli, sebaliknya, semakin buruk item tersebut, semakin buruk pilihan pembelian pembeli. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode bauran pemasaran untuk mengkaji perencanaan strategis pemasaran tenun Buya Bomba untuk lebih memperkuat dan menarik minat konsumen dalam keputusan pembelian produk Buya Bomba, hasil penelitian antara lain menjaga kualitas produk, memperluas penjualan dan distribusi, serta meningkatkan strategi promosi melalui social media marketing.


Keywords


Sarung tenun donggala; Daya Saing; Pemberdayaan; Potensi Desa

Full Text:

PDF

References


Djatola, H. R. (2017). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Kepercayaan Dan Gethok Tular Di Bank Rakyat Indonesia Palu. Wacana Equilibrium, 5(1), 24. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=F-gPiRoAAAAJ&citation_for_view=F-gPiRoAAAAJ:d1gkVwhDpl0C

Hilal, N., & Djatola, H. R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah dan Gethok Tular pada Bank Syariah di Kota Palu. Jurnal Manajemen Dan Kearifan Lokal Indonesia, 2(1), 23. https://doi.org/10.26805/jmkli.v2i1.14

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles Of Marketing 14Ed: Global Edition. In Principles of Marketing.

Kumala, A. P., & Haes, P. E. (2021). Pengembangan Potensi Wisata di Pantai Sempaning Desa Adat Jimbaran. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(01), 25–35. https://doi.org/10.32509/am.v4i1.1351

Mandasari, N. F., & Shaleh Z, M. (2022). Edukasi Pemasaran dan Pengelolaan Manajemen Usaha Pariwisata di Kabupaten Majene. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), 253–261. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.2050

R Djatola, H. (2021). Strategi Promosi dan Distribusi dalam Pemasaran Era Digital. In C. M. S. INDONESIA (Ed.), Judul Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada Era Digital) (p. 143). CV. MEDIA SAINS INDONESIA. https://books.google.co.id/books/about/Dasar_Dasar_Manajemen_Pemasaran_Konsep_d.html?id=HlZFEAAAQBAJ&redir_esc=y

Rohaniah, Y. (2020). Sosialisasi Manajemen Keuangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 45–49.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id