Revitalisasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya dalam Kearifan Lokal Sekolah Alam di Sukabumi

Elis Teti Rusmiati, Yasef Firmansyah, Yoyoh Rohaniah, Rahmaini Rahmaini, Novida Anggraini

Abstract


Membangkitkan kembali nilai-nilai moral agama dan budaya pada era globalisasi sekarang ini menjadi menjadi sangat penting, karena gencarnya konsumsi dan budaya hedonisme akibat keinginan merangkul segala sesuatu yang berbau Barat. Globalisasi telah mengikis rasa percaya diri, sehingga warisan masa lalu bangsa ini dianggap sudah usang dan harus diganti dengan sesuatu yang baru dari peradaban barat modern. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberi dukungan dalam menghidupkan kembali nilai-nilai moral agama dan budaya yang kualitasnya semakin hari semakin menurun. Metode yang digunakan ialah focus group discussion (FGD), untuk memberi pemahaman dan meyakinkan masyakarat mengenai pentingnya memelihara dan menjaga nilai-nilai moral agama dan budaya terutama menanamkannya sejak dini pada anak-anak usia sekolah. Dari hasil kegiatan diperoleh bahwa revitalisasi nilai-nilai agama dan budaya pada Sekolah Alam Bahrul Ulum dibangkitkan melalui peningkatan pemahaman dan kesadaran pada pengelola/guru dan tokoh masyarakat sehingga muncul rasa percaya diri dengan tetap menjaga kearifan lokal sebagai identitas masyarakatnya.

Keywords


Agama; Budaya; Nilai-Nilai; Revitalisasi; Sekolah Alam

Full Text:

PDF

References


Agus Wibowo, Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta:Pustaka Pelajar

Alfian, Magdalia. 2013. Potensi Kearifan Lokal Dalam Pembentukan Jati Diri dan Karakter Bangsa. Prosiding The 5 th International Conference on Indonesia Studies: Ethnicity and lobalization: Jakarta

Gazalba, Sidi. (1976). Masjid Pusat Ibadat dan Kebudayaan Islam. Jakarta:Pustaka Antara

Muhtadi, Ali. (2006). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vol 8, No 1

Ningrum, Ifa Khoria & Purnama, Yuniarta Ita, (2018). Sekolah Alam. Jombang: Kun Fayakun

Rusmiati, Elis Teti. (2022). Revitalisasi Kearifan Lokal pada Mayarakat Multikultural. Jakarta:Moestopo Publishing

Rusmiati, Elis Teti dkk. (2022). Penguatan Moderasi Beragama di Pesantren untuk Mencegah Tumbuhnya Radikalisme. Jurnal Abdi MOESTOPO Vol. 05 No. 02

Sularso. (2016). Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Dasar. JPSD:Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol. 2, No. 1

Suradarma, Ida Bagus. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Moral Keagamaan di Era Globalisasi Melalui Pendidikan Agama. Jurnal Dharma Smrti Vol. 9 Nomor 2

Wahono, Francis .2005. Pangan, Kearifan Lokal dan Keanekaragaman Hayati. Yogyakarta : Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas

Hakim, Lukman. (2012). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim Vol 10 No.1




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i1.2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id